RSS

MENCIPTAKAN KEAMANAN DI JALAN MELALUI DISIPLIN DIRI DALAM BERLALU LINTAS

03 Nov

1. LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi otomotif di dunia tanpa disadari telah meningkatkan penggunaan kendaraan di Indonesia. Akibatnya, Indonesia menjadi salah satu negara terbesar pengkonsumsi kendaraan bermotor. Hal ini bisa dilihat atas perkembangan jumlah kendaraan di Indonesia, khususnya di provinsi DKI Jakarta yang meningkat secara tajam. Peningkatan jumlah kendaraan di DKI Jakarta tidak diimbangi dengan perluasan jalan sehingga menyebabkan terjadinya kemacetan di DKI Jakarta. Munculnya kemacetan di DKI Jakarta tidak semata-mata disebabkan oleh luasnya permukaan jalan di Indonesia, namun banyak berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah semakin berkurangnya disiplin diri para pemakai jalan dalam menggunakan jalan di DKI Jakarta. Kurangnya disiplin diri dalam memakai jalan adalah faktor yang cukup membuat kemacetan karena pada dasarnya peraturan penggunaan jalan di Indonesia, khususnya DKI Jakarta, sudah cukup untuk menanggulangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta. Namun, karena adanya para pemakai jalan yang tidak berdisiplin dalam menggunakan jalan menyebabkan kemacetan semakin sering terjadi di jalan. Oleh karena itu, seharusnya para pemakai jalan bisa berdisiplin, yaitu dengan mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di DKI Jakarta, sehingga permasalahan kemacetan yang terjadi bisa ditanggulangi. Ketika permasalahan kemacetan tersebut bisa ditanggulangi, maka keamanan dalam menggunakan jalan pun semakin meningkat dan para pengguna jalan bisa dengan aman menggunakan jalan. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana cara untuk menumbuhkan budaya menghormati keamanan di jalan. Jawabannya adalah pada masing-masing individu pengguna jalan.

2. PERUMUSAN MASALAH

Karya tulis ini memuat salah satu solusi dalam menanggulangi kemacetan yang ada DKI Jakarta. Salah satu kontribusi nyata yang bisa dilakukan adalah dengan berdisiplin dalam berlalu lintas. Dengan berdisiplin dalam berlalu lintas, maka sangat membantu pemerintah dalam mengatasi kemaetan di DKI Jakarta. Disiplin ini harus ditanamkan pada diri masing-masing individu. Ketika saatnya nanti, jika para individu-individu pemakai jalan tersebut telah berdisiplin dalam menggunakan jalan dan diimbangi dengan semakin diperluasnya jalan di DKI Jakarta, maka permasalahan kemacetan yang ada di DKI Jakarta akan dapat teratasi. Dengan begitu para pemakai jalan akan merasa aman dalam menggunakan jalan dalam kegiatan sehari-hari.

3. TUJUAN PENULISAN

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk melengkapi kelengkapan penulis dalam mengajukan beasiswa SHELL. Salah satu kelengkapannya adalah dengan membuat sebuah karya tulis berdasarkan salah satu tema yang harus dipilih dari keempat tema yang disediakan. Akhirnya penulis memilih tema keempat, yaitu kontribusi yang bisa dilakukan untuk menghormati keamanan di jalan di Indonesia.

download file klik disini

 
Leave a comment

Posted by on November 3, 2010 in Paper, Publication

 

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: