RSS

Hari Kemerdekaan Di Universitas Indonesia – Depok

18 Aug

Depok, 17 Agustus 2011 – Bertempat di Kampus Universitas Indonesia, kelompok kecil mahasiswa UI melakukan aksi kecil theatrical demo mengiringi upacara bendera yang dilakukan oleh sivitas akademika UI pukul 08.00 pagi di kawasan Rotunda Universitas Indonesia. Aksi theatrical ini mengambil tema menyuarakan transformasi biaya pendidikan Indonesia. Aksi kecil yang dilakukan 20 orang mahasiswa ini, dimaksudkan untuk menunjukkan partisipasi memperingati 66 tahun Hari Kemerdekaan Republik tercinta.

Dalam aksinya, para mahasiswa membawa spanduk, bambudan berbagai atribut aksi untuk mengekspresikan pesan moral yang disampaikan.Saat melakukan aksi kecil yang tidak diinformasikan sebelumnya kepada pihak kampus, salah satu peserta aksi terluka oleh atribusi yang dibawa sendiri oleh peserta aksi Universitas Indonesia, sebagai kampus tertua di tanah air (berdiri semenjak 1849) telah lama menjadi pusat dari perjuangan negeri dalam upaya menegakkan kedaulatan bangsa di berbagai fase sejaraho, Banyak pemimpin negeri merupakan alumni dari kampus kuning, termasuk diantaranya bapak proklamator kemerdekaan; Presiden RI ke-3(merupakan lulusan Fakultas Teknik UI yang berada di Bandung, yang saat ini dikenal sebagai ITB).

Dengan fakta historis yang panjang dalam mengawal perjalanan bangsa, UI begitu lekat dengan aksi-aksi massa untuk mengartikulasikan berbagai kepentingan sosial, ekonomi dan politik masyarakat. Bahkan dalam setiap aksi mahasiswa, manajemen kampus selalu memberikan dukungan, selama demo dilakukan sejalan dengan koridor hukum dan etika. Terkait dengan isu perjuangan transformasi sistem pendidikan yang diusung oleh aksi kecil mahasiswa pagi ini, UI bersama seluruh elemen termasuk mahasiswa dan alumni, selalu berkomitmen untuk menjaga agar kesempatan yang sama untuk menempuh pendidikan di UI menjadi hak semua anak bangsa. UI tidak mengenal sistem biaya pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para mahasiswa yang mampu namun tidak eligible untuk dapat menempuh studi di UI. UI menyusun sebuah mekanisme yang dikenal dengan BOP (Biaya Operasional Pendidikan) Berkeadilan, yang pertama di Indonesia.

Dengan sistem ini, mahasiswa UI membayar uang kuliah dengan rentang Rp. 100.000 – Rp. 7,5 Juta maksimal untuk jurusan eksakta (Kedokteran, Teknik, MIPA, dsbnya) dan Rp. 100.000 – maksimal Rp. 5 juta untuk jurusan social (Hukum, ISIP, Psikologi, dll).

Sebagai ilustrasi, pada tahun 2008 (tahun kali pertama [program ini diluncurkan), terdapat 58 mahasiswa yang membayar uang kuliah hanya Rp. 100.000 per semester. Dua diantaranya berkuliah di Fakultas Kedokteran; 17 di Fakultas Teknik dan fakultas-fakultas lain di UI. UI juga merupakan kampus yang paling inklusif di dunia, dimana penentuan biaya perkuliahan juga melibatkan unsur mahasiswa, sehingga kontrol sosial dalam penerapan biaya pendidikan dilakukan secara transparan dan berkeadilan.(Devie/Siaran Pers)

Sumber :http://ui.ac.id/

 
Leave a comment

Posted by on August 18, 2011 in News, University of Indonesia

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: