RSS

OSN – PTI Pertamina 2011

13 Sep

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) kembali menggelar Olimpiade Sains Nasional Tingkat Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI).Pelaksanaan OSN-PTI yang didukung Pertamina dan Universitas Indonesia ini memasuki tahun keempat. Kompetisi sains antar mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) ini merupakan ajang unjuk gigi bagi mahasiswa di bidang matematika, fisika, kimia dan biologi. Total hadiah yang disiapkan adalah Rp 2,8 miliar.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Illah Sailah mengungkapkan selain uang tunai, tidak menutup kemungkinan para juara mendapatkan beasiswa baik dari Ditjen Dikti maupun perusahaan yang peduli kepada pendidikan tinggi Indonesia. “Kemdiknas sendiri telah menjaring (para juara kompetisi-red) dari berbagai wilayah, nasional hingga ke tingkat internasional, kemudian kita beri beasiswa”, ujar Illah. Illah yakin olimpiade semacam ini mampu mengubah paradigma program studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dari mata kuliah yang sukar menjadi pelajaran yang menyenangkan.

Senada dengan Illah, Corporate Secretary Pertamina Hari Karyuliarto juga mempertimbangkan ragam hadiah yang akan diberikan. Baik dalam OSN-PTI kali ini maupun pada tahun mendatang. “Terhadap usulan pemberian beasiswa maupun bantuan fasilitas praktikum kepada perguruan tinggi pemenang, akan Pertamina pertimbangkan untuk kemajuan sains Indonesia,” ujar Hari. Hari berharap olimpiade ini meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia Indonesia dan memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu sains dunia. OSN-PTI terbuka bagi seluruh mahasiswa S-1 minimal yang duduk di semester tiga. Pendaftaran dilakukan secara on-line melalui website www.osnpertamina.com mulai tanggal 1 Agustus hingga 20 September 2011. Seleksi tingkat propinsi akan melalui babak penyisihan yang dilakukan serentak di semua provinsi pada 27 September 2011. Final tingkat propinsi digelar pada 7 Oktober 2011. Sedangkan tahap seleksi tingkat nasional akan dilakukan pada 1 – 4 November 2011. Hingga saat ini, panitia mencatat sebanyak 4.000 mahasiswa yang sudah mendaftar. Pada penyelenggaraan tahun lalu lebih dari 13.500 mahasiswa ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini. Tahun 2011, panitia menargetkan sebanyak 15.000 mahasiswa dari 200 perguruan tinggi akan ikut berkompetisi.

Makanya buruan Daftar Disini

Sumber : http://www.kopertis12.or.id/tag/pendaftaran-online-osnpti2011

 
Leave a comment

Posted by on September 13, 2011 in Indonesia, News, University of Indonesia

 

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: