RSS

Pendaftaran OSN – PTI Pertamina 2011 Dan Kilas Balik OSN – PTI Pertamina 2010

13 Sep

Ayo buruan daftar OSN – PTI Pertamina 2011. Pendaftarannya dimulai tanggal 1 Agustus 2011 sampai 20 September 2011. Yah, masih ada beberapa hari lagi sih. jangan lewatkan kesempatan menarik ini. Apalagi biasanya peserta yang ikut mendapatkan kaos loh. Hahahahha itu kalo liat tahun lalu. Eits, tapi jangan cuma dapetin kaosnya aja, setelah Anda lolos tahap provinsi nanti kemungkinan akan mendapatkan jaket OSN – PTI 2011 (liat tahun lalu juga).

Ayolah DAFTAR. Jadikan Kampus Kalian yang Terbaik.

Saat OSN – PTI Pertamina 2010 Tahun lalu, Universitas Indonesia ( UI ) berhasil menjadi juara umum loh. Berikut ini alur acara Grand Final Dan Hasil Lengkap OSN – PTI 2011.

Juara I Bidang Matematika SN PTI(Foto:Uby)

Universitas Indonesia (UI) kembali membuktikan masih menjadi universitas terbaik di Indonesia. Dalam ajang Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (OSN-PTI) 2010, UI berhasil meraih dua gelar juara di bidang matematika dan kimia. Hal ini diumumkan pada malam penganugerahan grand finalis OSN-PTI 2010 yang berlangsung Kamis (04/11) malam bertempat di auditorium Gedung Pertamina Pusat. Hadir pada malam penganuegrahan tersebut Wakil Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Prof.Dr.Fasli Jalal, Direktur SDM Pertamina (Persero), Ir. Rukmi Hadihartini, MM, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Muhammad Anis,M.Met Wakil Rektor UI Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerja Sama Industri, Sunardji S.E., M.M, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Dr. Adi Basukriadi M.Sc, dan Manajer Corporate Social Responsibility (CSR), Ganapati Sjastri Satyani.

Rukmi Hadihartini mewakili Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, yang berhalangan hadir, mengaku bangga karena Indonesia banyak memiliki calon saintis yang dapat membangun bangsa dan juga Pertamina. Masih menurut Rukmi empat bidang yang diujikan dalam kompetisi ini erat kaitannya dengan core bussiness Pertamina yang mengeksplorasi energi dalam negeri. Untuk itu ia berharap melalui ajang OSN-PTI akan melahirkan ahli-ahli di bidang migas yang dapat turut membesarkan Pertamina, sesuai dengan tema OSN-PTI 2010: menciptakan generasi berprestasi cerdas bersama Pertamina.

Juara I Bidang Kimia SN PTI(Foto:Uby)

Acara yang dipandu oleh alumni UI yang berprofesi sebagai dokter bedah dan musisi, Tompi dan None Jakarta 2010, Poetri Monalisa ini berlangsung menarik. Terlihat 132 peserta OSN-PTI yang merupakan juara dari masing-masing provinsi antusias menyaksikan jalannya acara. Malam penganugerahan grand finalis OSN-PTI 2010 dibuka dengan penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa Liga Tari UI. Malam semakin semarak kala Winda jebolan Indonesian Idol angkatan pertama turut menghibur dengan membawakan dua lagu. Kemudian tawa pun tiba-tiba membahana di ruang auditorium ketika hadirin menyaksikan video peliputan kegiatan peserta ketika berada di Pertamina E-Learning Center Simprug selama empat hari. Acara pun kemudian mencapai puncaknya saat MC membacakan nominator dan juara di ke-4 bidang. Stefi Rahmawati dan Abi Sofyan G. yang mewakili UI berhasil keluar sebagai juara pertama di bidang matematika dan kimia. Sedangkan Syahril Siregar berhasil keluar sebagai juara kedua bidang fisika dan Winna Solehatampil membanggakan dengan menjadi juara tiga bidang biologi.

Menanggapi kemenangan dua mahasiswa UI sebagai juara pertama di ajang OSN-PTI 2010, Dekan FMIP, Adi Basukriadi mengaku bangga dan bersyukur bahwa perwakilan UI bisa tampil sebagai juara di ajang sekelas OSN-PTI. “Ini membuktikan bahwa kualitas FMIPA UI dapat disejajarkan dengan kualitas universitas lainnya di Indonesia,” tuturnya. Ke depan Adi akan terus melakukan pembinaan bagi mahasiswa FMIPA untuk menghadapi ajang serupa tahun depan. “Itu merupakan kegiatan rutin yang kami adakan karena hal tersebut bisa mengangkat nama baik UI,” kata Adi.

Setelah ajang ini berakhir, pihak Pertamina dan UI selaku penyelenggara memiliki kegiatan lanjutan lainnya. Hal ini diungkapkan Ketua Umum OSN-PTI 2010, Ganapati Sjastri Satyani. “Para pemenang OSN-PTI nanti akan diberikan proyek untuk memecahkan satu permasalahan yang telah disiapkan oleh UI dan mereka bisa bergabung dalam satu kelompok dua atau tiga orang,” ujarnya. Ganapati pun merasa bangga karena OSN-PTI tahun ini berjalan sukses dan komposisi pemenang tidak lagi didominasi oleh peserta asal pulau Jawa. “Tadi saya lihat ada pemenang dari Maluku dan Mataram ya. Jadi ini menandakan sudah mulai ada pemerataan,” tuturnya. Pemenang OSN-PTI 2010 berhak menerima uang tunai senilai sepuluh juta rupiah bagi juara pertama, delapan juta lima ratus ribu rupiah untuk juara dua, dan enam juta lima ratus ribu bagi juara tiga. Selain itu universitas tempat pemenang menuntut ilmu pun turut mendapatkan dana pembinaan dari Pertamina yaitu senilai 75 juta rupiah bagi juara pertama, 50 juta bagi juara kedua dan 25 juta bagi juara ketiga. Berikut adalah daftar nama-nama pemenang OSN-PTI 2010. Selamat bagi para pemenang dan sampai jumpa ajang OSN-PTI 2011! (SNT)

Bidang Matematika:
1. Stefi Rahmawati (Universitas Indonesia, DKI Jakarta)
2. Irwansyah (Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat)
3. Muhammad Sifa’ul Muhid (Institut Sepuluh November, Jawa Timur)

Bidang Fisika:
1. Panji Achmari (Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat)
2. Syahril Siregar (Universitas Indonesia, DKI Jakarta)
3. Nailul Hasan (Institut Sepuluh November, Jawa Timur)

Bidang Kimia:
1. Abi Sofyan G. (Universitas Indonesia, DKI Jakarta)
2. Setya Permadi (Universitas Gajah Mada, D.I. Yogyakarta)
3. Candra Y. Tahya (Universitas Pattimura, Maluku)

Bidang Biologi:
1. Imam Bagus Nugroho (Universitas Gajah Mada, D.I. Yogyakarta)
2. Samantha Vivia (Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat)
3. Winna Soleha (Universitas Indonesia, DKI Jakarta)

Bila Durutkan berdasarkan Ranking perolehan juara, maka :

Rank 1 : UI ( 2-1-1)

Rank 2 : ITB (1-1-0)

Rank 3 : UGM (1-0-0)

Rank 4 : ITS (0-1-2)

Rank 5 : Universitas Mataram (0-1-0)

Rank 6 : Universitas Pattimura (0-0-1)

Jadi Juara Umumnya adalah UI.

Universitas Indonesia (UI) meraih dua gelar juara dalam bidangMatematika dan Kimia dalam Olimpiade Sosial Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN PTI).

pemenang-osn

Untuk bidang Matematika diraih oleh Stefi Rahmawati, dan bidang Kimia diraih oleh Abi Sofyan, Selain itu, kata Vishnu, UI juga meraih juara dua untuk bidang Fisika yang diraih oleh Syahril, dan Winna Soleha juara ketiga untuk bidang Biologi.

Yaudah Langsung Daftar aja Disini

Follow Twitternya Disini

Add Facebooknya Disini

Sumber : http://www.ui.ac.id/id/news/archive/4685

 
Leave a comment

Posted by on September 13, 2011 in Indonesia, News, University of Indonesia

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: