RSS

SPEEDY PT TELKOM INDONESIA

27 Sep

2.2. Speedy

    Seiring dengan perkembangan zaman yang pesat, kebutuhan manusia menjadi tak terbatas, dimana terdapat tuntutan dalam pemenuhannya. Manusia tidak lagi hanya menginginkan layanan komunikasi voice saja, namun juga layanan berbasis data. Layanan berbasis data yang sedang dikembangkan adalah layanan TELKOM Speedy. Dengan adanya TELKOM Speedy, kebutuhan manusia yang semakin beragam pun dapat diatasi. Hingga saat ini PT. TELKOM sendiri sedang mengembangkan layanan IP-TV (Internet Protokol-Television), dimana pelanggan dapat menikmati layanan data, multimedia dan televisi secara langsung.

2.2.1. Pengertian Speedy

    Speedy adalah produk layanan internet access end to end dari PT. TELKOM dengan berbasis teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan yang dijaminkan sesuai dengan paket layanan yang diluncurkan dari modem sampai BRAS (Broadband Remote Access Server), yaitu 512 Kbps. Sedangkan yang dimaksud dengan ADSL adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. ADSL juga merupakan perangkat modem di jaringan akses tembaga yang mampu mentransmisikan data hingga 8 Mbps secara asimetris dan perangkat aktif yang dipasang pada jaringan lokal tembaga untuk mendukung implementasi layanan multimedia. Asimetris berarti adanya perbedaan antara kecepatan arah kirim (upstream) dengan kecepatan arah terima (downstream). Kecepatan data yang bisa dilayani oleh modem ADSL bervariasi. Untuk downstream mulai dari 2 Mbps s.d. 8 Mbps, sedangkan untuk upstream mulai dari 64 Kbps s.d. 1 Mbps. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja di bawah frekuensi 4 kHz). Keuntungan ADSL adalah memberikan kecepatan akses internet dengan kecepatan tinggi dan suara atau fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).

Keuntungan layanan Speedy

Untuk mendapatkan layanan High Speed (Hi-Speed) internet, maka pelanggan hanya perlu menghubungi ke PT. TELKOM, tidak perlu ke ISP lain. Saluran telepon dapat dipergunakan untuk pembicaraan telepon dan akses internet pada saat bersamaan. Koneksi ke internet lebih cepat dibanding menggunakan modem analog. Koneksi ke internet dapat dilakukan setiap saat (on).

Kerugian layanan Speedy

  • Biaya pasang dan abonemen mahal (sebelum 2008)
  • Registrasi berbelit-belit (sebelum 2008)

2.2.2. Konfigurasi Speedy

KONFIGURASI JARINGAN SPEEDY SEDERHANA

Jaringan Speedy merupakan jaringan yang terintegrasi pada jarlokat, sehingga digunakanlah line telepon. Karena Speedy terintegrasi dengan line telepon, maka tagihannya pun terintegrasi ke dalam tagihan telepon, yaitu untuk nomor jaringan telepon pada jaringan akses yang sama. Jaringan Speedy merupakan perkembangan dari jaringan telepon atau Jarlokat, dimana terdapat perangkat baru dalam instalasinya, yaitu seperti port DSLAM (Digital Subscriber Line Access Multiplexer) pada MDF dan perangkat DSLAM yang biasanya terdapat pada sentral di masing-masing STO (Sentral Telepon Otomat). DSLAM (Digital Subscriber Line Access Multiplexer) adalah perangkat jaringan yang dipasang di sentral telepon (indoor) ataupun di sisi jauh jaringan telepon (outdoor). Perangkat DSLAM biasnya berukuran besar dan dilengkapi dengan POTS (Plain Old Telephone Service) splitter untuk memisahkan antara suara dan data.

KONFIGURASI JARINGAN SPEEDY

Perangkat DSLAM dapat digunakan untuk berbagai macam layanan multimedia. Pada jaringan yang menggunakan DSLAM, maka pada sisi pelanggan harus dilengkapi dengan modem ADSL. Selain itu di sisi pelanggan juga terdapat tambahan perangkat seperti splitter, modem dan PC (Personal Computer). Apakah modem tersebut digunakan untuk beberapa PC atau untuk satu PC. Jika untuk 1 PC, maka cukup dengan 1 port USB atau 1 port Ethernet, tetapi bila akan digunakan untuk beberapa PC, maka biasa digunakan modem yang dilengkapi dengan beberapa port Ethernet (berfungsi sebagai HUB). Gunakan modem yang kompatibel dengan sistem operasi dari PC seperti Windows atau Linux. Konfigurasi jaringan Speedy dimulai dari MDF, yaitu dari struk EQN, lalu ke struk DSLAM, struk primer, RK, KP, KTB, soket/roset, splitter, dari splitter dibagi menjadi dua jalur, yaitu satu jalur ke pesawat telepon dan jalur yang satu lagi ke modem, kemudian dari modem dikoneksikan ke PC/laptop.

2.2.3. Instalasi Jaringan Speedy

Spesifikasi Komputer

    Standart minimal spesifikasi teknis komputer (minimum requirement) Pentium II Processor RAM 64 Mb Harddisk dengan kapasitas 2 Gb, modem/DSL Router dan line telephone. Apabila secara teknis diperlukan penggantian modem/DSL Router untuk kapasitas jenis layanan baru, maka penyediaan menjadi tanggung jawab pelanggan sepenuhnya.

    Proses instalasi Speedy meliputi tahapan-tahapan proses yang saling berhubungan, maka langkah-langkah sebelumnya harus dipastikan telah dijalankan dengan benar sebelum melangkah ke tahapan berikutnya, yaitu meliputi proses-proses sebagai berikut.

  • Penjumperan port DSLAM
  • Pemasangan splitter
  • Instalasi modem
  • Setting Network Connection PC
  • Setting Internet Connection pc
  • Setting modem ADSL
  • Tes koneksi internet

Penjumperan port DSLAM

  • Setting di Port In dari arah Sentral yang berupa EQN (Equipment Number) pada blok terminal horizontal dan Port Out kearah jaringan akses
  • Test telepon di Port Out DSLAM
  • Test Link ADSL di Port Out DSLAM

KONFIGURASI JARINGAN DSLAM SEDERHANA

Pemasangan Splitter

    Pada umumnya pemasangan splitter dilakukan setelah roset dengan syarat kondisi line belum diparalel, namun yang paling penting harus diperhatikan pada saat pemasangan splitter adalah hal-hal sebagai berikut.

  • Pastikan line yang masuk ke splitter belum diparalel
  • Keluaran telepon ke pesawat telepon (bisa diparalel)
  • Keluaran ADSL ke Modem ADSL (tidak boleh diparalel)

 

PEMASANGAN SPLITTER

Instalasi modem pelanggan

  • Koneksikan Line ADSL (RJ-11) yang merupakan output dari splitter ke port ADSL Line Modem
  • Koneksikan keluaran Ethernet RJ-45 ke port Ethernet PC. Dalam pemasangannya boleh menggunakan ethernet ataupun USB. Perbedaannya adalah jika menggunakan USB, maka biasanya diharuskan untuk menginstall CD Drivernya. Karena jika menggunakan USB kadang-kadang modemnya tidak dapat membaca atau mendetect terhadap komputer atau PC yang digunakan, sedangkan jika yang digunakan adalah ethernet, maka tidak perlu menginstall CD Drivernya, karena secara otomatis modem akan membaca atau mendetect terhadap komputer atau PC yang digunakan.
  • Indicator lampu (LED Indicator) ADSL/Link harus hidup dan stabil/tidak blinking
  • Indicator lampu Ethernet/USB harus hidup (berkedip jika ada aktifitas)

PEMASANGAN MODEM

Setting Network Connection PC

    Koneksi modem ADSL terbagi dalam dua segmen, yaitu Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Segmen LAN adalah link antara PC dengan Modem ADSL melalui interface Ethernet, sedangkan segmen WAN adalah link yang terbentuk antara Modem ADSL dengan Internet.

    Setting Network Connection di PC ditujukan untuk konfigurasi LAN, sehingga PC dapat mengakses modem untuk melakukan konfigurasi WAN dan memfungsikan modem sebagai gateway internet, sehingga PC yang berada di segmen LAN bisa mengakses internet melalui modem tersebut.

SEGMENTASI LAN DAN WAN

 

 

    Untuk melakukan konfigurasi LAN terlebih dahulu pastikan status Local Area Connection di PC dalam kondisi connected, lewat menu : Control Panel > Network Connection > Local Area Connection.


Gambar Status LAN pada Local Area Connection

Meskipun LAN dalam status connected, namun tidak serta merta komunikasi bisa berlangsung antara modem dan PC. Ada persyaratan lain yang harus dipenuhi agar setiap device yang terkoneksi bisa saling berkomunikasi, yaitu IP Address antara PC dan modem harus dalam satu network.

IP Address Modem

Subnet Mask

Network ID

Range IP Address PC

192.168.1.1

255.255.255.0

192.168.1.0

192.168.1.2

s.d.

192.168.1.254

Table pengalokasian IP address dalam satu Network ID

     Karena secara default modem ADSL sudah dialokasikan IP Address secara spesifik (bisa dilihat di manual book/CD), maka IP Address PC lah yang menyesuaikan dengan IP Address modem. Pengalokasian IP Address di PC bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu secara otomatis (dynamic IP) dan secara manual (static IP).

    Pengalokasian IP Secara Otomatis hanya bisa dilakukan jika PC tesebut terhubung ke device yang difungsikan sebagai DHCP server (Dynamic Host Configuration Protokol server) yang dapat membuat instalasi pelanggan menjadi lebih mudah, contoh modem ADSL tipe router bisa difungsikan juga sebagai DHCP server yang bisa mengalokasikan IP Address secara otomatis kepada setiap PC yang terhubung dengan syarat setting IP Address di PC di set otomatis.

    Default IP setting windows adalah otomatis, untuk memastikannya bisa dilakukan lewat tahapan berikut :

  • Start > Control Panel
  • Network Connection > Pilih Local Area Copnnection Ethernet yang aktif > Tekan ENTER
  • Local Area Network Status > Klik tombol Properties
  • Local Area Connection Properties > Pilih Internet Protokol TCP/IP > Klik tombol Properties
  • Internet Protokol (TCP/IP)Properties > Pilih option : Obtain an IP address otomatically, dan
    Obtain DNS server address otomatically


Gambar Local Area Connection Properties


 Gambar Internet Protokol (TCP/IP) Properties

Pada umumnya modem ADSL tipe router secara default fungsi DHCP servernya sudah enable, sehingga mempermudah dalam mengkonfigurasikan IP Address PC. Namun ada beberapa merk modem yang menyatakan fungsi tersebut disable (Trendnet, Huawei, Tecom, dan lain-lain).

    Untuk mengetahui apakah fungsi DHCP server modem sudah enable atau belum bisa dilakukan dengan cara mengecek IP Address PC melalui command prompt, yaitu sebagai berikut.

  • Start > Run
  • Open > Ketik cmd untuk windows 2000 dan XP atau ketik command untuk windows 98
  • Pada command Prompt > ketik ipconfig

Gambar Form dialog RUN

Berikut adalah output dari command ipconfig jika fungsi DHCP servernya enable.

Gambar DHCP server aktif

  • IP Address adalah IP Address komputer yang dialokasikan oleh DHCP server.
  • Subnet mask adalah subnet mask dari IP Address.
  • Default gateway adalah IP Address dari DHCP server, yaitu IP Address modem.

Jika fungsi DHCP server modem sudah aktif, maka konfigurasi LAN menjadi lebih mudah karena DHCP Server menjamin pengalokasian IP Address yang valid (dalam satu network ID) ke setiap PC yang terhubung secara otomatis, sehingga antara PC dan modem bisa langsung berkomunikasi.

Berbeda tentunya jika modem tersebut fungsi DHCP servernya belum aktif, maka output dari command tersebut adalah sebagai berikut.

Gambar DHCP server tidak aktif

 IP Address dari default gateway (modem) tidak terisi atau kosong. Hal itu berarti PC tidak memperoleh IP Addresss dari modem. Jika kondisinya seperti itu, maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan setting IP Address PC secara manual.

Persyaratan utama sebelum melakukan konfigurasi IP Address secara manual adalah mengetahui IP Address dari modem (lihat manual book/CD) karena IP Address modem adalah acuan utuk menentukan IP Address PC yang akan dibuat (lihat table pengalokasian IP address dalam satu nerwork ID).

Tahapan konfigurasi IP Address secara manual sama sebagaimana setting IP Address secara otomatis. Hanya perbedaannya terletak pada langkah terakhir, yaitu pemilihan option IP Setting diganti sebagai berikut.

  • Use the following IP Address
    • IP Address    : Diisi dengan IP Address PC yang dipilih
    • Subnet mask    : Diisi sesuai subnet mask IP Address modem
    • Default Gateway    : Diisi dengan IP Address modem
  • Use the following DNS server address

    – Preferred DNS server    : Diisi sama dengan Default Gateway (IP Address modem)

    Gambar setting IP secara manual

Setelah dilakukan setting IP secara manual, langkah selanjutnya adalah memastikan komunikasi antar PC dan modem dapat berlangsung, yaitu melalui command prompt : ping IP Address modem (contoh IP) Address modem adalah 10.44.11.66).

Gambar komunikasi PC dengan modem berhasil

     Jika outputnya adalah reply, maka komunikasi antara PC dan modem sudah berhasil, namun jika outputnya adalah request time out, maka hal tersebut berarti komunikasi tidak berhasil.

    Jika hal tersebut terjadi, maka lakukanlah pengecekan sebagai berikut.

  • Pastikan Local Area Connection enable dan dalam status connected
  • Pastikan setting IP sudah dimasukkan dengan benar
  • Pastikan kabel LAN terhubung secara benar, jenis kabel LAN yang digunakan straight atau cross. Hanya pin 1, 2, 3 dan 6 yang digunakan dalam LAN Ethernet.

 

 

PEMASANGAN PINOUT KABEL LAN STRAIGHT DAN CROSS

  • Lakukan pengetesan menggunakan modem yang lain untuk memastikan kerusakan pada modem.
  • Lakukan pengetesan menggunakan PC yang lain untuk memastikan kerusakan pada hardware ethernet card atau software. Jika di PC lain berhasil, maka berarti terdapat kerusakan pada PC tersebut. Kemungkinan kegagalan terdapat pada hardware ataupun software.

 Jika permasalahan di sisi LAN sudah teratasi atau dengan kata lain PC dan modem sudah dapat berkomunikasi, maka baru kita bisa melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu setting modem ADSL Router.

Setting Internet Connection di PC

    Setting Internet Connection PC adalah setting bagaimana cara komputer mengakses internet. Karena koneksi internet melalui Local Area Network, maka harus dipastikan bahwa koneksi dial-up dan VPN setting di set never dial lewat menu Control Panel > Internet Option > Connection.

    Selanjutnya pastikan proxy server dikosongkan karena koneksi ke internet secara langsung lewat modem bukan melalui proxy server. Jika proxy servernya diisi, maka tidak bisa melakukan konfigurasi modem lewat web, apalagi mengakses internet.

Gambar Internet Connection Setting

Gambar setting LAN Proxy Server

Setting modem ADSL

    Setting modem ADSL antara modem terutama ditujukan untuk mengkonfigurasi sisi WAN, yaitu koneksi antara modem dengan Internet Gateway. Oleh karena itu, baik Link Ethernet maupun Link ADSL harus dalam kondisi Up, kemudian dapat dilakukan langkah-langkah setting modem selanjutnya, yaitu sebagai berikut.

  • Buka program browser internet seperti Internet Explorer.
  • Ketik IP address modem pada address bar internet, lalu tekan Enter

    IP address ethernet modem dapat diketahui dari manual book atau lewat command button ipconfig dengan default gateway adalah IP ethernet modem tersebut.

  • Akan muncul dialog user dan password untuk masuk ke modem, lalu masukkan user dan password modem tersebut, dapat dilihat di manual book.

Berikut adalah contoh kombinasi default IP addrss dan user password modem.

User Name

Password

Merk Modem dan Default IP Address

admin

(blank)

Aztech IP : 10.0.0.2

admin

admin

Huawei dan Linksys IP : 192.168.1.1

Billion IP : 192.168.1.254

admin

password

Prolink IP : 10.0.0.2

admin

1234

Zyxel IP : 192.168.1.1

Speedstream IP : 192.168.1.1

admin

epicrouter

Atlantis IP : 192.168.1.1

admin

connexant

Netlink IP : 192.168.1.1

root

root

Tecom IP : 192.168.1.1

DSL

DSL

Trendnet IP : 192.168.1.1

Enzer IP : 192.168.7.1

 Table contoh kombinasi user dan password default modem

  • Selanjutnya akan muncul halaman Web Configurator Modem. Menu dari Web Configurator Modem biasanya berbeda-beda tergantung merk modem, namun pada umumnya terdiri dari menu-menu sebagai berikut.

Status > ADSL, WAN dan LAN

  • ADSL : Status link ADSL dalam kondisi up/showtime atau down, termasuk di dalamnya terdapat hasil ukur parameter-parameter link ADSL seperti SNR (Signal to Noise Ratio) Margin dan Attenuation. Hasil ukur yang dipersyaratkan untuk layanan Speedy adalah SNR Margin > 10 dB dan Attenuation/Redaman < 48 dB, baik upstream maupun downstream.
  • LAN    : IP address LAN PC yang digunakan/dialokasikan saat ini.
    • WAN     : Status koneksi WAN atau PPP, yaitu koneksi ke internet. Jika modem telah dikonfigurasi secara benar, maka WAN dalam status Connected/Link Up dan akan diperoleh IP address WAN.

 Setup/Configuration : ADSL, LAN dan WAN

  • ADSL : Pemilihan mode ADSL apakah Otomatic (auto detect), G.mdt atau G.lite (Telkom Speedy menggunakan mode ADSL G.mdt)
  • LAN : Berisi menu untuk merubah IP ethernet modem, menu untuk mengaktifkan dan menonaktifkan DHCP server, serta menu untuk mengatur range IP yang dialokasikan oleh DHCP server. Jika ingin setting IP komputer/PC secara otomatis, maka fungsi DHCP server harus enable/aktif.
  • WAN      : Berisi parameter-parameter konesi WAN ADSL sebagai berikut.
  • Protokol           : PPPoA, PPPoE, Bridge atau Routed

    Untuk Speedy Siemens dan Alcatel menggunakan PPPoA, sedangkan Huwei menggunakan PPPoE.

  • Multiplexing      : VC atau LLC

    DSLAM Siemens menggunakan Multiplexing VC, sedangkan Alcatel dan Huawei menggunakan LLC.

    • Virtual Connection : VPI (Virtual Path Identifier) dan VCI (Virtual Channel Identifier)

        Merupakan code ID untuk jenis Speedy yang digunakan.

  • Speedy Siemens menggunakan VPI=1 dan VCI=33
  • Speedy Alcatel menggunakan VPI=8 dan VCI=35
  • Speedy Huawei menggunakan VPI=0 dan VCI=35
  • User Name dan Password Speedy

        User name Speedy adalah nomor Speedy plus domain @telkom.net

        Parameter-parameter tersebut adalah parameter yang spesifik untuk Speedy yang menggunakan ATM DSLAM, selain dari itu masih ada beberapa setting yang harus dipastikan dalam kondisi disable atau enable, yaitu sebagai berikut.

    • IGMP dan Bridge <disable>
    • Default Route dan Use DNS <enable>

      Beberpa merk modem menyedikan cracepat untuk melakukan konfigrasi WAN melalui menu Quick Setup atauWizard Setup. Menu ini membantu dalam pengerjaan WAN Setup secara lebih mudah.

    Untuk memastikan bahwa konfigurasi WAN modem berhasil, dapat dilihat pada status WAN. Jika statusnya connected, serta diperoleh IP WAN berarti modem sudah terkoneksi ke internet dan siap menjelajah dunia internet. Untuk lebih memastikan dapat mencoba masuk ke stus internet seperti www.google.com.

 Berikut ini contoh WAN Setup.

Gambar menu WAN Setup untuk modem Aztech

Test Internet Connection

    Tahapan terakhir dalam proses instalasi Speedy adalah test koneksi internet. Pengetesan koneksi internet dilakukan dengan cara browsing ke situs-situs di internet. Jika semua tahapan sebelumnya telah dilakukan dengan benar, maka browser akan menampilkan halaman website yang dituju dan sebaliknya jika tidak benar, maka akan muncul halaman yang berisi pesan the pages can’t be displayed.

    Untuk mengukur kecepatan koneksi dan download di internet dapat dilakukan dengan mengunjungi situs-situs yang menyediakan bandwidth meter seperti yang terkenal bagi pengguna Speedy adalah menggunakan bandwidth meter yang disediakan oleh situs www.plasa.com.

    Hasil pengukuran menggunakan bandwidth meter bersifat fluktuatif, tergantung dari trafik di internet. Karena sifat Speedy yang UBR (Unspecified Bit Rate) dan bandwidth sharing dengan pengguna lain, sehingga pada trafik yang tinggi kecepatan koneksi akan menurun dan sebaliknya pada trafik rendah akan naik.

2.2.4. Gangguan Speedy

Setiap perangkat yang digunakan dalam suatu jaringan pasti pernah mengalami masalah. Hal itu merupakan penyebab terjadinya gangguan yang menyebabkan penurunan performansi jaringan. Kepuasan pelanggan akan layanan yang dilanggannya merupakan tujuan perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan citra baik kepada masyarakat umum. Oleh karena itu, perusahaan telah mempunyai prioritas, visi, misi dan sasaran dalam melayani pelanggan.

Gangguan yang biasanya terjadi pada jaringan Speedy adalah gangguan seperti :

  • Gangguan pada jaringan/link nya.

    Hal ini menyebabkan data-data dan voice yang dikirim dan diterima tidak akan sampai tujuan karena tidak ada packet switched pada link tersebut, sehingga pada modem nampak pada bagian linknya lampu indikatornya ngeblink, yaitu tidak nyala. Penanganannya dilakukan dengan pengecekkan jaringan, pencarian gangguan dan perepairan jaringan yang error yang digunakan oleh pelanggan tersebut. Bila hanya satu link saja yang error, dapat segera diatasi, namun jika terjadi gangguan masal seperti terpotongnya kabel primer atau kabel sekunder, hal itu memerlukan waktu yang cukup lama untuk diselesaikan. Belum lagi ada prosedur dalam penggantian kabelnya dan juga besarnya kapasitas kabel. Jadi, dalam penanganan gangguan pada link dilakukan pengecekkan, pengetesan dan perepairan jaringan pada MDF, RK, KP/DP, KTB, soket/roset, splitter, pesawat telepon, modem, PC dan catuan powernya.

  • Gangguan pada sentral.

    Gangguan dikatakan terjadi ke arah sentral bila pada MDF tidak mendapat tone yang telah dilakukan pengecekkan oleh petugas MDF. Bila pada jaringan O.K., maka petugas MDF harus melaporkan hal tersebut ke bagian TAS (Technical Access Support) untuk melaporkan bahwa gangguan terjadi pada sentral, sehingga tugas dialihkan ke petugas sentral.

  • Gangguan pada pelanggan.

    Gangguan pada pelanggan biasanya terjadi pada IKR (Instalasi Kabel Rumah) atau IKG (Instalasi Kabel Gedung) pelanggan. Karena tanggung jawab perusahaan hanya sampai jaringan luar (KTB), maka untuk perbaikannya adalah tanggung jawab pelanggan. Namun, untuk meningkatkan citra perusahaan agar lebih baik, sebaiknya lakukan pengetesan dan pengecekan pada IKR atau IKG pelanggan. Bila gangguannya masih dapat diatasi, maka perbaiki. Namun jika sudah sulit untuk diatasi sarankan kepada pelanggan untuk memanggil petugas IKRnya, kemungkinan terjadi kesalahan pada saat instalasinya.

Penanganan gangguan pada Speedy juga berdasarkan laporan pelanggan ke 147, nanti pada komputer SISKA, yaitu Tinyterm Emulator akan terdapat gangguan baru. Cari dan catat nomor pelanggan yang mengalami gangguan tersebut, lalu cari datek (data teknis)nya. Pencarian data teknis (datek) pada komputer SISKA, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Masuk ke program Tinyterm Emulator yang merupakan program SISKA, lalu pilih komersial > inquiry_Laporan > inq_Dossier, lalu tekan Enter.

    

Gambar langkah pertama mencari datek pelanggaan

  • Setelah itu akan muncul form kosong Inquiry Dossier.

  • Setelah itu masukkan data yang valid yaitu pada DN, yang dapat dimasukkan pada DN adalah nomor telepon atau nomor Speedy pelanggannya. Untuk nomor telepon dengan kode 021nya, contoh DN : 02166692722, sedangkan bila yang dimasukkan nomor Speedy, makakemudian tekan Enter. Akan muncul kotak dialog Inquiry Dossier yang telah terisi.

Gambar Inquiry Dossier yang telah terisi

  • Pilih Karakteristik Dossier, lalu tekan Enter. Akan muncul kotak dialog Karakteristik Dossier sebagai berikut:

Karakterisitik Dossier dilakukan untuk melihat nomor migrasi dan contact person pelanggan. Catat nomor migrasi dan contact personnya.

  • Cari Alamat Instalasi dengan menggunakan panah bawah ( ), lalu tekan Enter. Akan muncul kotak dialog Alamat Instalasi yang berisi tentang data-data alamat pelanggan secara jelas. Catat data-data tersebut.
  • Setelah itu cari menu Fasilitas Jaringan, lalu tekan Enter. Akan muncul kotak dialog Enquiry Fasilitas Jaringan sebagai berikut :

  • Kemudian catat Nama P. Khu dan Nomor P. Khunya. Lalu tekan End, akan muncul kotak berisikan “Proses dibatalkan. Konfirmasi?” pilih Ya, lalu Enter. Akan muncul kotak dialog Alamat Instalasi yang sebelumnya.

  • Kemudian tekan End, akan muncul kotak dialog berisikan “Proses dibatalkan. Konfirmasi?” pilih Ya, lalu Enter. Kan muncul kotak dialog Alamat Instalasi yang sebelumnya.
  • Lalu kembali ke tampilan awal kotak menu Tinyterm Emulator.
  • Lalu pilih Jaringan > inquiry/periksa > Qry_Prkt_khusus > Junction, tekan Enter.

  • Akan muncul kotak Manajemen Junction Perangkat Khusus yang masih kosong.

  • Masukkan nama MDF yang dituju dengan mengetik kode MDFnya. Contoh untuk MDF di STO Muara Karang, ketik MKR, lalu Enter.
  • Untuk mengisi Nama Perangkat gunakan kotak pilihan dengan menekan tombol F12. Akan tampak gambar sebagai berikut.

  • Pilih nama perangkat khususnya yan g tadi telah dicatat, yaitu 1+1 Multiplexer 1+1, lalu Enter. Ketika di Enter nomor perangkat khusus akan secara otomatis terisi seperti gambar berikut.

  • Lalu tekan dan tahan tombol Shift + F2. Akan muncul kotak seperti berikut.

  • Pilih Shift F7 : Fas. Jaringan, lalu Enter. Akan muncul pada monitor sebagai berikut.

  • Lalu catat dateknya seperti di bawah ini.

121519101272/02166692722    CP : Sofiany/02166692722

P. Mutiara L/3    1+1/1273    P-67/536    S-2/138    RAY-14/8

  • Setelah mendapat dateknya cari EQNnya dengan cara ketik 499 pada komputer SLIM untuk merelease, sehingga pada monitor muncul CMD<499 release. Hal itu dilakukan untuk merefresh data-data yang sebelumnya di download dengan komputer DIVRE tersebut. Ketik 401,<nomor telepon tanpa 021>. Contoh, ketik 401,6679427, sehingga pada monitor akan muncul CMD<401,6679427. Kemudian akan muncul nomor EQN yang dimaksud.
  • Lakukan pengecekan dan pengetesan pada MDF, jika di MDF dinyatakan No O.K., maka berarti pengalihan tugas ke petugas sentral, sedangkan jika dinyatakan baik, maka lakukan pengecekan dan pengetesan pada RK. Jika di RK dinyatakan baik, maka lakukan pengecekkan dan pengetesan ke rumah pelanggan melalui KTB. Bila dinyatakan tidak baik, lakukan pengecekkan di KP, sedangkan jika dinyatakan baik lakukan pengecekkan pada soket, splitter, modem, PC, pesawat telepon dan IKRnya. Seperti pada layanan yang lain, tanggung jawab PT. TELKOM hanya samapai KTB dan masalah ke dalamnya tanggung jawab pelanggan.
  • Jika gangguan telah selesai laporkan ke petugas Oplang untuk diclearn.

 Penomoran Speedy

  Cara pembacaan penomorn Speedy adalah sebagai berikut.

Sebagai contoh sebuah nomor Speedy 121519101272

  • : Merupakan jenis teknologi, yaitu :
    • 0 untuk kode telepon
    • 1 untuk kode ADSL/Speedy
    • 2 untuk kode ADSL-Link.
  • : Merupakan DIVRE II.
  • : Merupakan layanan, yaitu :
    • 1 untuk layanan POTS dan ADSL
    • 2 untuk layanan ADSL 2+.
  1. : Merupakan kode Kandatel Jakarta Utara.
  • : Merupakan kode STO di Kandatel Jakarta Utara, yaitu :
    • 01 untuk STO Cilincing
    • 02 untuk STO Tanjung Priok
    • 05 untuk STO Pademangan
    • 08 untuk STO Sunter
    • 09 untuk STO Kemayoran
    • 10 untuk STO Cideng
    • 15 atau 16 untuk STO Mangga Besar
    • 17 untuk STO Kota
    • 19 untuk STO Muara Karang
    • 27 untuk STO Marunda.
  • : Merupakan jenis DSLAM, yaitu :
    • 0 untuk jenis port DSLAM Siemens
    • 1 untuk jenis port DSLAM Alcatel
    • 2 untuk jenis port DSLAM Huawei.

01272    : Merupakan nomor urut port DSLAM

****

 
 

Tags: , , , , , , , , ,

2 responses to “SPEEDY PT TELKOM INDONESIA

  1. Linkwheel SEO

    October 8, 2011 at 7:30 AM

    If you want to learn backlink technique that will skyrocket your website search engine ranking straight to the top, check out this site for free http://linkwheelseo.net/

     
  2. Deden Hardan

    February 19, 2013 at 9:06 PM

    terus update gan!! untuk ane blajar😀
    thankz nice blog…

    ane karyawan telkom baru, hehe

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: