RSS

Tim Robotika UI Meraih Awards Di INAICTA 2011 Kategori Applicative Robot Exhibition

19 Oct

INAICTA atau singkatan dari Indonesia ICT Awards merupakan ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi se-Indonesia. Salah satu kategori lomba yang diadakan adalah Applicative Robot Exhibition dengan tema “Robot For Helping People From Natural Disaster“. Di kategori lomba ini diharapkan muncul berbagai karya robot inovatif dan kreatif yang dibuat oleh anak bangsa yang bisa membantu manusia dalam bencana alam, baik sebelum terjadi, saat terjadi, maupun setelah terjadi bencana alam. Kategori lomba ini merupakan ajng untuk merangsang para kreatif robot di Indonesia untuk mengikuti ajang yang lebih tinggi lagi, yaitu tingkat Internasional dalam lomba International Robot Exhibition (IRO) kategori Creative Robot dengan tema yang sama, yaitu Robot For Helping People From Natural Disaster.

Acara Puncaknya diadakan pada tanggal 4 hingga 5 Oktpber 2011 di Jakarta Convention Center (JCC). Lomba ini diikuti oleh sekitar 26 peserta dan Tim Robotika UI itu sendiri mengirimkan 2 tim, yaitu Tim Makara-SR3 dan Captain Hirajpby. Berdasarkan proses penjurian yang telah dilakukan terpilihlah 9 nominator peserta. Alhamdulillah Tim Makara-SR3 dan Tim Captain Hirajpby termasuk dalam 9 nominator tersebut.

Pada Malam Puncak Nominasi INAICTA pada tanggal 5 Oktober pukul 19.00 di JCC, diumumkanlah pemenang-pemenang dan peraih medali emas pada ajang tersebut. Alhamdulillah pada malam nominasi tersebut kesembilan nominator mendapatkan medali dan Tim Robotika UI berhasil meraih penghargaan Special Award yang diraih oleh Tim Makara-SR3 dan Technical Award yang diraih oleh Tim Captain Hirajpby.

Tim Makara-SR3 yang diwakili oleh Novika Ginanto (Teknik Elektro 2008), Adnan Afif Alaudin (Teknik Mesin 2008) dan Lasguido (Ilmu Komputer 2008) membuat sebuah robot cerdas yang mampu membantu masyarakat dalam bencana banjir. Robot meja tersebut dibuat dengan tujuan untuk meminimalisir tingkat kerugian material yang dialami oleh masyarakat di saat banjir. Sistem kerja robot tersebut adalah ketika air banjir masuk ke dalam rumah dan air banjir telah menyentuh sensor air si robot, maka robot akan melakukan ekspansi ke atas dan akan terus berekspansi ke atas jika sensor air tersentuh air banjir, sehingga barang-barang elektronik yang berada di atas meja tersebut selamat dari banjir. Robot ini diharapkan dapat digunakan untuk masyarakat pinggiran sungai atau masyarakat yang sering mengalami banjir setinggi lutut atau dada orang dewasa, sehingga barang-barang elektronik seperti televisi, radio dan lain sebagainya dapat selamat dari banjir. Berikut detail dari robotnya :

Makara – SR3’s Poster

Sedangkan, Captain Hirajpby yang diwakili oleh Irvan JP Elliika, Freddric Sanjaya dan Crisman WP Silaban membuat sebuah robot yang bisa bernavigasi di area berbahaya seperti gunung meletus, reruntuhan gedung, gempa bumi dan longsor. Robot tersebut dilengkapi dengan sensor jarak untuk mengetahui rintangan di sekitarnya, accelerator untuk mengetahui adanya getaran, sensor suhu, sensor gas dan sensor kelembaban untuk mengidentifikasi keadaan lokasi bencana. Selain itu, robot tersebut juga dilengkapi dengan sebuah ponsel bersistem operasi Android. Fungsi ponsel Android tersebut adalah untuk mendapatkan posisi robot melalui GPS pada ponsel Android, video streaming via internet dan untuk mengirimkan data sensor pada robot. Berikut ditail lengkap robot Captain Hirajpby .

Captain Hirajpby

Ke depannya kami akan mencoba mengikuti ajang IRO yang akan diadakan akhir tahun ini di Jakarta. jadi, kami mohon doa dan dukungan rekan-rekan sekalian agar kami dipermudah dalam membanggakan Indonesia dalam ajang International Robot Olympiad tersebut dan tentunya kami akan datang dengan robot-robot yang lebih canggih lagi dan dapat membantu masyarakat Indonesia. Terima Kasih

 
Leave a comment

Posted by on October 19, 2011 in Indonesia, Robotics

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: