RSS

Kiat – Kiat Memulai Wirausaha Oleh Ivano Aviandi

22 Dec

NAMA WIRAUSAHAWAN                       : IVANO AVIANDI

BIDANG USAHA                                    : TECHNOPRENEURSHIP BIDANG SECURITY

Ivano Aviandi merupakan salah satu wirausahawan asal Indonesia yang dapat dibilang cukup sukses. Dia memilih jalur usahanya dalam bidang security. Bidang security dia pilih karena sebelumnya beliau bekerja di IBM Coorporation di USA.

Langkah awal beliau memutuskan untuk berkecimpung di dunia wirausaha adalah setelah beliau bertemu dengan bapak Amien Rais yang dengan sengaja mencarinya. Bapak Amien Rais menceritakan kepadanya bahwa seorang wirausaha itu sangat berarti bagi Indonesia dan memiliki tantangan yang lebih besar dalam hidup. Karena beliau menyukai tantangan dan terlebih lagi dengan berwirausaha mampu meningkatkan perekonomian Indonesia, akhirnya beliau memutuskan untuk kembali ke Indonesia dengan memulai wirausahanya. Kebetulan beliau merupakan lulusan akuntansi, sehingga beliau memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang berwirausaha.

Dalam kuliah tamu, beliau menjelaskan bagaimana caranya untuk memulai sebuah entrepreneurship atau wirausaha. Beliau menceritakan ada tiga langkah dasar yang dapat dilakukan untuk memulai wirausaha, yaitu identity opportunity, planning dan execution.

Mengidentifikasi kesempatan atau peluang merupakan langkah awal untuk menentukan bidang wirausaha yang akan digeluti. Mengidentifikasi peluang dilakukan untuk menentukan nise market dari bidang wirausaha yang akan digeluti. Hal yang dilakukan beliau untuk menentukan pasar wirausahanya adalah dengan rajin membaca media cetak dan elektronik seperti koran, majalah, internet dan sebagainya dengan memperhatikan berbagai faktor, yaitu kepopuleran masalah saat itu dan kemungkinan peluang untuk pengembangannya di masa mendatang dan beliau akhirnya memutuskan bidang security. Secara umum yang perlu dilakukan adalah mencari ide dengan mengetahui trend teknologi, market research, diskusi dengan expert entrepreneurship, industrial challenge (focus bidang wirausaha) dan lain-lain.

Langkah berikutnya adalah planning. Planning atau perencanaan adalah langkah yang harus dilakukan, karena banyak wirausaha yang gagal akibat tanpa adanya planning, planning untuk mengatasi naik dan turunnya usaha yang digeluti. Bussines plan ini meliputi jenis udaha yang akan ditawarkan di pasar dan bagaimana cara pemasarannya. Langkah ini dilakukan untuk menjalankan usaha dan menjaga kelangsungan usaha. Langkah yang dilakukan adalah membuat target atau goal setiap tahun hingga menjadi enterprise. Beberapa bussines plan yang sring dilakukan adalah straytegi pemasaran, strategi finansial, strategi pengembangan usaha.

Excuting dilakukan untuk mewujudkan ide dan rencana yang telah dibuat. “No Guts No Glory”, itu ungkapan yang selalu dipegang oleh beliau. Dalam excuting ini nantinya diperlukan prediksi-prediksi dalam menjalankan usahanya dan ini menentukan arus perkembangan sebuah usaha.

PELAJARAN DAN ETOS WIRAUSAHA                       :

Ivano Aviandi merupakan wirausahawan yang cukup cermat yang mampu membaca peluang dan bisa menentukan nise market dari usahanya. Beberapa etos wirausaha yang beliau ambil dalam menjaalankan wirausahanya ada dalam kunci kompetensi entrepreneurship, yaitu risk, networking, inisiatif, imaginative, kemampuan analisis, high autonomy, persuasive, moderate personality, leadership, kreatif dan penghargaan.

Adapun tiga faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis atau usaha, yaitu kreatifitas dan inovasi, ketersedian market niche dan kekuatan dalam diri untuk mendapatkan target atau goal yang kemudian dikombinasikan dengan kemampuan dan pengetahuan bisnis dan jaringan, perubahan perkembanga usaha dan kemampuan perkembangan usaha. Sedangkan factor kegagalan yang sering dilanda wirausaha adalah akibat tidak adanya rencana dan inovasi dalam menjalankan usaha, serta adanya faktor X yang sulit untuk diketahui. Oleh karena itu dalam menjalankan usaha diharapkan selalu berdoa.

 

KESAN/PENUTUP                                     :

Ivano Aviandi merupakan salah satu putra bangsa yang cukup sukses dalam berwirausaha. “No Guts No Glory” nampaknya menjadi landasan beliau dalam berwirausaha. Beliau termasuk orang yang persuasif dan mudah bergaul, sehingga memiliki jaringan yang cukup banyak, terlebih lagi beliau pernah bekerja di IBM Coorporation. Beberapa hal yang membuat saya terkesan adalah bagaimana beliau merancang dan merencanakan usahanya dengan sangat rapih. Mulai dari identifikasi ide dan peluang, menentukan perencanaan dengan bussines plan dan melakukan tindakan (executing). Kegagalan berwirausaha lebih disebabkan karena tanpa adanya planning dan inovasi usaha, serta adanya faktor X. Oleh karena itu, untuk mengembangkan sebuah usaha seorang wirausaha harus mampu memprediksi faktor X, memiliki jaringan dan yang cukup penting juga adalah berdoa, sehingga Tuhan selalu mengiringi dalam setiap langkah atau usaha ynag telah dilakukan dalam berwirausaha.

 
Leave a comment

Posted by on December 22, 2011 in Kewirausahaan, Materi

 

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: