RSS

Servo Motor (AC/DC)

04 Apr

1.2 Dari DC servo motor menuju AC servo motor.

Pada motor dc, torsi yang dihasilkan berbanding lurus dengan fluksi (field) dan arus armature. Pengendalian pada motor dc sangat mudah diterapkan, terutama untuk motor dc yang dieksitasi secara terpisah. Rangkaian medan dan armature benar-benar terpisah (decoupled) karena system konstruksi commutator-brush (komutator-sikat).

Sikat pada motor dc merupakan masalah, karena menyebabkan timbulnya percikan bunga api pada kontaknya. Sehingga hal ini memerlukan maintenance secara berkala. Permasalahan ini tidak muncul pada system AC servo, karena kumparan rotor (pada IM) mendapat catu secara induksi, tidak dengan kontak langsung dengan sumber. Akan tetapi pengendalian pada AC servo, lebih sulit dibandingkan pada DC servo.

1.2.1 SM servo motor (DC brushless servo motor)

SM servo motor termasuk kedalam klasifikasi AC servo motor. Rotor dengan permanent magnet berputar sebagai akibat interaksi dengan medan fluksi yang berputar. Medan fluksi yang berputar ini timbul sebagai akibat mengalirnya arus 3 phasa pada kumparan stator. Adanya interaksi secara vector menyebabkan terjadinya torsi, sehingga rotor dapat berputar.

Pengendalian torsi pada SM servo motor dilakukan dengan mengendalikan arus stator saja. Sehingga jika dibandingkan dengan pengendalian pada motor induksi, pengendalian SM servo motor lebih mudah.

Effisiensi dari SM motor sangat tergantung dari bahan yang digunakan untuk membuat rotor magnet permanent. Saat ini, sudah banyak dikembangkan teknologi bahan yang dapat menghasilkan medan magnet yang sangat kuat dengan volume dan berat bahan yang cukup kecil/ringan. Hal ini yang menyebabkan SM motor dapat dibuat dengan ukuran fisik yang lebih kecil untuk daya yang sama dibandingkan dengan IM dan DC motor.

Berkurang/turunnya kuat medan magnet merupakan masalah dalam SM motor. Arus stator yang mengalir terlalu besar dapat menyebabkan tidak munculnya torsi. Arus maksimum yang masih dapat menyebabkan timbulnya torsi menjadi perhatian yang harus dijaga jangan sampai terlampaui pada saat mengendalikan torsi dari SM motor.

Pengereman pada SM servo dapat dilakukan dengan menhubungkan kumparan stator dengan sebuah beban.

1.2.2 IM servo motor

Didalam arus stator pada motor induksi terdiri dari arus medan dan arus torsi, yang mana pada DC motor, kedua arus ini terpisah secara rangkaian karena adanya system komutator-sikat. Dalam pengendalian vector, kedua arus ini secara virtual dipisahkan, sehingga keduanya dapat dikendalikan secara terpisah.

Pengendalian torsi pada IM, menjadi lebih sulit dibandingkan dengan pengendalian pada SM. Pada keadaan tanpa beban, arus medan harus tetap mengalir, agar medan fluksi tetap ada pada rotor, seperti halnya pada SM motor (permanent magnet).

Pada pengereman selain dapat dilakukan secara mekanik, dapat dilakukan secara elektrik, dimana arus dc akan dikembalikan ke sumber dc (regenerative braking).

Tabel 1.1 Perbandingan system DC servo motor dan AC servo motor

Servo motor

DC Servo motor

AC Servo motor

SM

IM

Bagian-bagian Pengendali

Power converter

Blok Pengendali

Pengendali torsi

Pengendalian arus armatur

(arus dc)

Pengendalian arus armatur (arus AC 3 phase) Pengendalian arus stator

(arus AC 3 Phase)

Yang dikendalikan

Arus torsi

(Skalar control)

Torque production current

(Vector control)

Torque production current
Flux production current
Slip frequency

Informasi pole magnet

Tidak perlu

Perlu

Tidak perlu

Pencegahan berkurangnya medan

Perlu

Perlu

Tidak perlu

Tingkat kesulitan pengendalian

Mudah

Sedang

Sulit

Pengereman

Generator

Generator

Regenerative Braking

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: