RSS

Cara Membuat Passport Di Depok

02 Jun

Assalamualaikum. Lagi setres nih karena TA. Mau refreshing dulu ama blog. Udah lama juga gak posting. X ini, mau posting cara membuat passport. Dulu sih buat passportnya di Depok, Jawa Barat.

Pembuatan passport di Indonesia saat ini sudah dipermudah, terlebih lagi dengan adanya sistem registrasi online. Pembuatan passport jauh lebih cepat dibanding non online. Pada dasarnya, setiap WNI alias Warga Negara Indonesia bisa membuat passport dimana aja di daerah indonesia. Contohnya, saya tinggal di Jakarta dan pembuatan passport di Depok, teman saya Jakarta buat passport di Batam. Asalkan dokumennya lengkap mudah dalam pembuatannya. Gak lengkap mungkin bisa pake C4L0. Nah kali ini akan saya ceritakan pengalaman saya membuat passport di kota Depok, Jawa Barat. Semoga pengalamn saya ini bisa mempermudah kamuh-kamuh yang ingin membuat passport.

Saya buat di Kanim Depok. Kelebihan apply online adalah Senin apply – Senin depannya ambil.
Biaya : 275rb total semuanya.
Dokumen yg disiapin :
1. Scan BlackWhite KK, KTP, Ijasah, Akta. (syarat minimal)
2. Daftar online di website http://www.imigrasi.go.id/ lengkapnya http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp . Petunjuk pengisiannya see on this page or download for details. http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/general/faq.pdf
3. print no registrasi online.
4. Dateng k Kanim DEpok dengan membawa fotokopi dan ASLInya : KK, KTP, Ijasah, Akta, KTM, dan bla2. 
5. Beli formulir dan MAP di tukang fotokopi yg ada digendung kanim bagian kanan luar deket pintu masuk parkir motor.: 12.000 udah ama materai
6. Bawa Pulpen buat isi data
7. Minta nomor antrian di dalam, letaknya (setelah masuk gedung kanim, posisinya ada di pojok kiri atas kalian, pusat informasi kalo gak salah), trus bilang saya sudah daftar online, nanti dikasih nomornya.
8. Tunggu nomor antrian, biasanya yg online bakalan 3 kali lebih cepet dibanding yg gak online.
9. Pas dipanggil bakal di cek kelengkapan data yg asli dan fotokopinya. Tolong cek, di KTP statusnya apa. Kalo karyawan minta surat dari kelurahan atau kampus yg menyatakan kalau lo mahasiswa, kalo karyawan ada surat rekomendasi dari perusahaan. Biasnya ditanya bikin passport buat apa, bilang aja mau liburan ke SIN bulan ………. (Kalau bisa bulan saat pendaftaran atau 1 bulan didepannya untuk mempermudah pembuatan). 
10. Trus dapet tanggal interview dan foto. Kalo Online besoknya dipanggil, tapi kalo gak online 2 atau 3 hari kemudian baru dapet jadwalnya.
11. Pas interview, ditanya kebenaran data, nama lengkap, almaat dan tujuan apply passport. Just that, biasanya kalo gak cerewet. (seebelumnya bayar250 rb untuk passportnya jadi antri 2 kali ya). abis itu foto, sidik jari dan sebagainya. Pas interview pake kemeja polos gak bergaris2 dan jgn batik, pake sepatu. Interview biasanya cuma ditanya kebenaran data diri, jgn sampe salah sebut ntar ditanyanya macam2. Abis itu palingan ditanya mau buat apa passportnya, jawab aja sama kayak yg diawal. prosesnya bentar kuq ini. 5 menit untuk satu org lah.
12. Abis itu 3 hari kemudian disuruh ambil passport jam 13.00 sampai 16.00 dan awalnya tusukkan kertas pengambilan di meja pengambilan passport. Tunggu dipanggil. 

Kanim Depok letaknya di grand city depok kalo gak salah. Dari ITC depok lurus terus aja, sampe ada turunan pertigaan yg sebelah kiri turunan tajam, abis itu turun terus jalan sampe Depok Fantasi, trus lurus aja sampe ketemu pemadam kebaran sebelah kanan, nah masuk tuh di gang pemadam kebakaran, 200 meter dari situ sebelah kiri ada Kanim Depok, gak begitu gede gedungnya. Ada banyak calo, tapi mending ghak usah caloan karena prosesnya mudah.

Setelah selesai bisa beli sampul passport ditempat pembelian pendaftaran dan map. Harganya 5rb.  Semoga bisa membantu.

 
2 Comments

Posted by on June 2, 2013 in Indonesia, News

 

Tags: , , , , , , ,

2 responses to “Cara Membuat Passport Di Depok

  1. angel

    July 13, 2013 at 11:10 AM

    mas, kudu pake refrensi dari kantor yak.. kalo kaga how come bang..

     
    • novikaginanto

      July 14, 2013 at 10:30 AM

      mungkin bisa minta surat keterangan dari kantor yg menerangkan karyawan diperusahaan tersebut.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: