RSS

CARA MENGISI EFILLING SPT TAHUNAN

27 Mar

Deal All,
Waktu pelaporan SPT Tahunan tingga menghitung hari lagi (hingga akhir maret).
Bagi yang sudah memiliki EFIN, namun belum registrasi E-Filling dapats segera mendaftarkan Account Anda di EFilling.
Langkah-langkah dapat dilihat pada post berikut :
https://novikaginanto.wordpress.com/2014/03/25/melaporkan-spt-tahunan/

Bagi yang sudah memiliki Account dapat segera mengisi EFilling. Berikut caranya :
1. Log In  Referensi (https://novikaginanto.wordpress.com/2014/03/25/melaporkan-spt-tahunan/ )
2. Pilih SPT Tahunan Anda 1770 S atau 1770 SS atau 1770.
Ceritanya :
Formulir 1770
Kata kunci pada formulir ini adalah : “penghasilan dari usaha/pekerjaan bebas”. Jika Anda memiliki penghasilan jenis ini maka wajib hukumnya Anda menggunakan formulir ini. Kalaupun Anda punya penghasilan lain semisal penghasilan dari pekerjaan, atau penghasilan passive seperti dividen atau bunga, Anda harus menggunakan formulir 1770 (tanpa S).
Contoh kegiatan usaha/pekerjaan bebas misalnya adalah usaha toko, wartel, usaha persewaan kendaraan, salon kecantikan, praktek dokter, pengacara dan sebagainya. Jadi kegiatan usaha itu bisa dalam bentuk usaha perdagangan, jasa ataupun pabrikan. Pekerjaan bebas biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian dan membuka praktek menjual keahliannya tersebut kepada khalayak atas namanya sendiri.
Formulir 1770 SS
Kata kunci pada formulir ini adalah : ”penghasilan semata-mata dari satu pekerjaan dengan penghasilan bruto tidak lebih dari Rp60 Juta”. Nah, jika Anda berstatus sebagai karyawan atau pegawai yang bekerja pada hanya satu perusahaan/instansi/organisasi dengan penghasilan bruto setahun tidak lebih dari Rp60 Juta, dan tidak punya penghasilan lain selain bunga deposito atau tabungan, maka Anda cukup mengisi SPT 1770 SS.
Formulis SS ini memang dirancang sangat sederhana. Hanya ada satu lembar formulir ini dengan dilampiri formulir 1721 A1 saja. Formulir ini pun formulir yang paling banyak digunakan karena sebagian besar Wajib Pajak Orang Pribadi adalah karyawan dengan penghasilan tidak lebih dari Rp60 Juta setahun.
Update 2010 :
Batasan Rp60 Juta untuk SPT Tahunan 2009 sudah dihilangkan, artinya wajib pajak orang pribadi yang penghasilannya berasal dari satu pemberi kerja (tidak ada batasan penghasilan bruto) dan tidak punya penghasilan lain selain bunga bank/koperasi, dapat menggunakan SPT 1770 SS ini.
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca juga tulisan terbaru di blog saya yang lain berikut ini :
SPT Tahunan Orang Pribadi 2009
Update terbaru :
Batas Rp60 juta kembali diberlakukan. Dengan demikian formulir 1770 SS hanya boleh digunakan oleh WP OP yang penghasilannya berasal dari satu pekerjaan saja dengan penghasilan tidak lebih dari Rp60 juta dan tidak puinya penghasilan lain selain bunga bank atau bunga koperasi.
Formulir 1770 S
Nah, jika Anda tidak masuk kriteria untuk mengisi formulir 1770 atau 1770 SS maka formulir yang harus Anda isi adalah formulir 1770 S. Misalnya Wajib Pajak yang masuk kriteria ini adalah Wajib Pajak yang penghasilannya dari satu pekerjaan tetapi penghasilan bruto setahunnya lebih dari Rp60 Juta. Seorang karyawan yang bekerja pada lebih dari satu perusahaan/pemberi kerja juga mengisi formulir SPT 1770 S.
Sumber : http://dudiwahyudi.com/pajak/pajak-penghasilan/1770-1770-s-atau-1770-ss.html
3. Lakukan pengisian form SPT berdasarkan kriteria Anda 1770/1770S/1770SS
Pengisian Form 1770S pada E-Filling dapat dilakukan melalui 2 Cara, yaitu secara manual dan Wizards. Fiture Wizards digunakan untuk mempermudah pengisian, namun langkah yang akan dilakukan semakin banyak. Langkah tercepat adalah dengan fitur form manual.
a. Pengisian form 1770S Manual
Pilih SPT 1770 S pada Menu Sebelah kiri. Akan muncul form SPT 1770 S seperti berikut :

Isi kolom tahun pajak dan pembetulan ke.
Tahun pajak adalah tahun pajak yang akan dilaporkan.
Pembetulan ke- adalah revisi pelaporan pajak.

Jika pengisian Anda salah akan muncul notofikasi error sebagai berikut :

Setelah bagian UMUM terisi, klik Lanjut untuk ke formulir 1770 S-I (artinya formulir 1770 S tambahan halaman 1) sebagai berikut :

Berikut penampakkan jelas formulir 1770S-I.
Petunjuk pengisian dapat dilihat dengan mengarahkan kursor ke kolom berwarna kuning atau mengklik tombol tanda Tanya (?) yang berwarna Biru.
Kolom kuning = Wajib diisi (atau dibiarkan 0 sesuai kondisi Anda)
Kolom biru = Penghitung otomatis (otomatis terisi)

Berikut penjelasan bagian B :

Selanjutnya klik Lanjut.
Di atas adalah penampakkan formulir 1770 S-II. Isi di kolom berwarna kuning. Informasi pengisian dapat di klik dengan mengklik tombol tanda Tanya (?) yang berwarna biru. Berikut informasinya :
Berikut informasi pengisian bagian B formulir 1770 S-II

Setelah terisi semua klik Lanjut pada bawah kanan form. Akan muncul proses tunggu (ini akan muncul di setiap pindah dokumen atau pun ada perubahan saat edit draft SPT).

Selanjutnya akan muncul formulir Induk SPT 1770 S sebagai berikut :
Isikan kolom tersebut, cara pengisian sama seperti formulir yang lainnya. Informasi pengisian dapat mengarahkan kursor ke kolom kuning yang akan diisi atau mengklik tombol tanda Tanya (?) pada samping form.

Pada menu ini akan terlihat proses pembayaran pajak apakah lebih atau kurang atau pas.
Centang Kotak SETUJU  Klik Simpan, maka draft SPT akan tersimpan.
Berikut informasi pengisiian formulir induk.

b. Pengisian form 1770S Wizard
Form 1770S Wizard dilakukan sebanyak 18 langkah. Langkah-langkahnya secara umum sama dengan yang manual.
Informasi pengisian dapat diperoleh dengan mengarahkan kursor pada kolom kuning yang akan diisi atau dengan mengklik tombol tanda Tanya berwarna biru (?).
Berikut langkah-langkahnya.

Klik Lanjut

Klik Lanjut

Klik Lanjut

Klik Lanjut
Pilih Tidak, jika tidak ada, pilih Ya jika ada. Ketika Memilih Ya, tunggu beberapa detik hingga muncul tampilan sebagai berikut :

Isi dan klik Lanjut
Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Perhitungan PPh akan otomatis berdasarkan pengisian form sebelumnya.
Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Pilih Ya/Tidak  Klik Lanjut

Centang kotak SETUJU dan Klik Simpan.

c. Pengisian form 1770SS
Setelah Log In, Pilih menu SPT 1770 SS pada menu sebelah kiri website. Akan muncul halaman berikut :

Di atas adalah Form Umum untuk SPT1770SS. Pada form tersebut Wajib Pajak (WP) harus memasukkan tahun pajak dan pembetulan ke-.
Tahun pajak adalah tahun pembayaran pajak
Pembetulan ke- adalah revisi SPT yang dilaporkan (Jika Anda belum pernah mengisi atau mengirim Anda bias isi dengan angka 0).
Untuk lebih jelasnya memahami setiap kolom, dapat mengarahkan kursor kea rah kolom yang bingung harus diisi apa, nanti akan muncul notifikasi atau panduannya.
Berikut contohnya :

Setelah itu, klik Lanjut (bawah kanan form), akan muncul halaman formulirn 1770SS. Berikut penampakkannya.
Pada lembar ini, Anda diminta untuk mengisikan kolom yang berwarna kuning, warna hijau akan dihitung secara otomatis.
Setiap kolom kuning juga terdapat panduan yang dapat Anda ketahui dengan mengarahkan kursor pada kolom tersebut.
Kolom No. 1 :
Diisi dengan jumlah penghasilan Bruto yang tercantum pada bukti pemotongan PPh 1721-A1 angka 9 atau 1721-A2 angka 10 atau bukti pemotongan PPh Pasal 21 (tidak final).

Kolom No. 2 :
Diisi dengan jumlah pengurangan yang tercantum pada bukti pemotongan PPh 1721 A-1 angka 13 atau 1721 A-2 angka 13.

Kolom No. 6 :
Diisi dengan jumlah pajak Penghasilan yang sudah dipotong yang tercantum pad abukti pemotongan PPh 1721-A1 angka 22, 1721-A2 angka 19 dan/atau bukti pemotongan PPh pasal 21 (tidak final).

Kolom No. 3 :
Diisi dengan memilij list yang disediakan sesuai dengan kondisi masing-masing.

Kolom No. 8 :
Jenis-jenis penghasilan yang dikenakan PPh final meliputi bunga deposito dan tabungn, hadiah undian, penghasilan dari honorarium atas beban APBN/APBD, uang pesangon, uang manfaat pensiun, tunjangan dan jaminan hari tua yang dibayarkan sekaligus, penghasilan dari pengalihan hak atas tanah dan/atau bangunan, bunga simpanan yang dibayarkan oleh koperasi kepada anggota, penghasilan istri dan penghasilan saham.

Kolom No. 9 :
Diisi dengan jumlah PPh Final yang terutang

Kolom No. 10 :
Diisi jenis-jenis penghasilan yang dikecualikan oleh wajib pajak, seperti : Bantuan/sumbangan/hibah, warisan, bagian laba yang diterima dari perseroan komanditier yang modalnya tidak terbagi atas saham-saham, persekutuan, perkumpulan, firma dan kongsi, termasuk pemegang unit penyertaan kontrak investasi kolektif, penggantian atau santunan asuransi kesehatan, kecelakaan jiwa, dwiguna, beasiswa, penggantian atau imbalan dalam bentuk natura atau kenikmatan.

Kolom No. 11 :
Diisi dengan jumlah nilai perolehan daris eluruh harta yang dimiliki/dikuasai sesuai dengan undang-undang perpajakan yang berlaku, contoh : Rumah, kendaraan bermotor, deposito, tanah, tabungan dan lain-lain.
Kolom No. 12 :
Diisi dengan jumlah seluruh utang yang diperoleh termasuk utang Bungan, contoh pinjaman bank atau koperasi.

Klik Simpan
4. Mengecek Status Pada Dashboard
Klik dashboard pada Menu Utama sebelah kiri. Jika form SPT yang Anda isi benar, maka akan muncul status sebagai berikut :

Jika, Anda yang tercentang hanya no.1 berarti akan belum melengkapi form SPT, kemungkinan besar Anda belum mengisi total tagihan yang sudah terbayarkan.
5. Meminta kode konfirmasi
Pada Dashboard klik SPT yang telah dilengkapi, kemudian klik Minta Kode Verifikasi. Kode Verifikasi akan dikirimkan ke email Anda. Status Anda akan berubah menjadi :

6. Mengirim dokumen SPT Anda
Pada Dashboard, klik Kirim. Tunggu hingga muncul masukkan kode verifikasi dan masukkan kode yang dikirimkan ke email Anda tadi. Klik kirim. Status Anda akan menjadi :

Jika status Anda sudah seperti di atas artinya Anda sudah melaporkan SPT melalui EFilling.
7. FAQ & Tutorial
Website Efilling menyediakan FAQ berupa video dan tutorial. Pilih menu FAQ E-Filling pada menu sebelah kiri. Berikut beberapa FAQ-nya.

****************************************************************************
Selamat Mencoba

 

 
Leave a comment

Posted by on March 27, 2014 in Indonesia, News

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: