RSS

GANGGUAN SPEEDY

Setiap perangkat yang digunakan dalam suatu jaringan pasti pernah mengalami masalah. Hal itu merupakan penyebab terjadinya gangguan yang menyebabkan penurunan performansi jaringan. Kepuasan pelanggan akan layanan yang dilanggannya merupakan tujuan perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan citra baik kepada masyarakat umum. Oleh karena itu, perusahaan telah mempunyai prioritas, visi, misi dan sasaran dalam melayani pelanggan.

Gangguan yang biasanya terjadi pada jaringan Speedy adalah gangguan seperti :

  • Gangguan pada jaringan/link nya.

    Hal ini menyebabkan data-data dan voice yang dikirim dan diterima tidak akan sampai tujuan karena tidak ada packet switched pada link tersebut, sehingga pada modem nampak pada bagian linknya lampu indikatornya ngeblink, yaitu tidak nyala. Penanganannya dilakukan dengan pengecekkan jaringan, pencarian gangguan dan perepairan jaringan yang error yang digunakan oleh pelanggan tersebut. Bila hanya satu link saja yang error, dapat segera diatasi, namun jika terjadi gangguan masal seperti terpotongnya kabel primer atau kabel sekunder, hal itu memerlukan waktu yang cukup lama untuk diselesaikan. Belum lagi ada prosedur dalam penggantian kabelnya dan juga besarnya kapasitas kabel. Jadi, dalam penanganan gangguan pada link dilakukan pengecekkan, pengetesan dan perepairan jaringan pada MDF, RK, KP/DP, KTB, soket/roset, splitter, pesawat telepon, modem, PC dan catuan powernya.

  • Gangguan pada sentral.

    Gangguan dikatakan terjadi ke arah sentral bila pada MDF tidak mendapat tone yang telah dilakukan pengecekkan oleh petugas MDF. Bila pada jaringan O.K., maka petugas MDF harus melaporkan hal tersebut ke bagian TAS (Technical Access Support) untuk melaporkan bahwa gangguan terjadi pada sentral, sehingga tugas dialihkan ke petugas sentral.

  • Gangguan pada pelanggan.

    Gangguan pada pelanggan biasanya terjadi pada IKR (Instalasi Kabel Rumah) atau IKG (Instalasi Kabel Gedung) pelanggan. Karena tanggung jawab perusahaan hanya sampai jaringan luar (KTB), maka untuk perbaikannya adalah tanggung jawab pelanggan. Namun, untuk meningkatkan citra perusahaan agar lebih baik, sebaiknya lakukan pengetesan dan pengecekan pada IKR atau IKG pelanggan. Bila gangguannya masih dapat diatasi, maka perbaiki. Namun jika sudah sulit untuk diatasi sarankan kepada pelanggan untuk memanggil petugas IKRnya, kemungkinan terjadi kesalahan pada saat instalasinya.

Penanganan gangguan pada Speedy juga berdasarkan laporan pelanggan ke 147, nanti pada komputer SISKA, yaitu Tinyterm Emulator akan terdapat gangguan baru. Cari dan catat nomor pelanggan yang mengalami gangguan tersebut, lalu cari datek (data teknis)nya. Pencarian data teknis (datek) pada komputer SISKA, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Masuk ke program Tinyterm Emulator yang merupakan program SISKA, lalu pilih komersial > inquiry_Laporan > inq_Dossier, lalu tekan Enter.

    

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar langkah pertama mencari datek pelanggaan

  • Setelah itu akan muncul form kosong Inquiry Dossier.

  • Setelah itu masukkan data yang valid yaitu pada DN, yang dapat dimasukkan pada DN adalah nomor telepon atau nomor Speedy pelanggannya. Untuk nomor telepon dengan kode 021nya, contoh DN : 02166692722, sedangkan bila yang dimasukkan nomor Speedy, makakemudian tekan Enter. Akan muncul kotak dialog Inquiry Dossier yang telah terisi.

Gambar Inquiry Dossier yang telah terisi

  • Pilih Karakteristik Dossier, lalu tekan Enter. Akan muncul kotak dialog Karakteristik Dossier sebagai berikut:

Karakterisitik Dossier dilakukan untuk melihat nomor migrasi dan contact person pelanggan. Catat nomor migrasi dan contact personnya.

  • Cari Alamat Instalasi dengan menggunakan panah bawah ( ), lalu tekan Enter. Akan muncul kotak dialog Alamat Instalasi yang berisi tentang data-data alamat pelanggan secara jelas. Catat data-data tersebut.
  • Setelah itu cari menu Fasilitas Jaringan, lalu tekan Enter. Akan muncul kotak dialog Enquiry Fasilitas Jaringan sebagai berikut :

  • Kemudian catat Nama P. Khu dan Nomor P. Khunya. Lalu tekan End, akan muncul kotak berisikan “Proses dibatalkan. Konfirmasi?” pilih Ya, lalu Enter. Akan muncul kotak dialog Alamat Instalasi yang sebelumnya.

  • Kemudian tekan End, akan muncul kotak dialog berisikan “Proses dibatalkan. Konfirmasi?” pilih Ya, lalu Enter. Kan muncul kotak dialog Alamat Instalasi yang sebelumnya.
  • Lalu kembali ke tampilan awal kotak menu Tinyterm Emulator.
  • Lalu pilih Jaringan > inquiry/periksa > Qry_Prkt_khusus > Junction, tekan Enter.

  • Akan muncul kotak Manajemen Junction Perangkat Khusus yang masih kosong.

  • Masukkan nama MDF yang dituju dengan mengetik kode MDFnya. Contoh untuk MDF di STO Muara Karang, ketik MKR, lalu Enter.
  • Untuk mengisi Nama Perangkat gunakan kotak pilihan dengan menekan tombol F12. Akan tampak gambar sebagai berikut.

  • Pilih nama perangkat khususnya yan g tadi telah dicatat, yaitu 1+1 Multiplexer 1+1, lalu Enter. Ketika di Enter nomor perangkat khusus akan secara otomatis terisi seperti gambar berikut.

  • Lalu tekan dan tahan tombol Shift + F2. Akan muncul kotak seperti berikut.

  • Pilih Shift F7 : Fas. Jaringan, lalu Enter. Akan muncul pada monitor sebagai berikut.

  • Lalu catat dateknya seperti di bawah ini.

121519101272/02166692722    CP : Sofiany/02166692722

P. Mutiara L/3    1+1/1273    P-67/536    S-2/138    RAY-14/8

  • Setelah mendapat dateknya cari EQNnya dengan cara ketik 499 pada komputer SLIM untuk merelease, sehingga pada monitor muncul CMD<499 release. Hal itu dilakukan untuk merefresh data-data yang sebelumnya di download dengan komputer DIVRE tersebut. Ketik 401,<nomor telepon tanpa 021>. Contoh, ketik 401,6679427, sehingga pada monitor akan muncul CMD<401,6679427. Kemudian akan muncul nomor EQN yang dimaksud.
  • Lakukan pengecekan dan pengetesan pada MDF, jika di MDF dinyatakan No O.K., maka berarti pengalihan tugas ke petugas sentral, sedangkan jika dinyatakan baik, maka lakukan pengecekan dan pengetesan pada RK. Jika di RK dinyatakan baik, maka lakukan pengecekkan dan pengetesan ke rumah pelanggan melalui KTB. Bila dinyatakan tidak baik, lakukan pengecekkan di KP, sedangkan jika dinyatakan baik lakukan pengecekkan pada soket, splitter, modem, PC, pesawat telepon dan IKRnya. Seperti pada layanan yang lain, tanggung jawab PT. TELKOM hanya samapai KTB dan masalah ke dalamnya tanggung jawab pelanggan.
  • Jika gangguan telah selesai laporkan ke petugas Oplang untuk diclearn.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: