RSS

INSTALASI JARINGAN SPEEDY

2.2.3. Instalasi Jaringan Speedy

Spesifikasi Komputer

Standart minimal spesifikasi teknis komputer (minimum requirement) Pentium II Processor RAM 64 Mb Harddisk dengan kapasitas 2 Gb, modem/DSL Router dan line telephone. Apabila secara teknis diperlukan penggantian modem/DSL Router untuk kapasitas jenis layanan baru, maka penyediaan menjadi tanggung jawab pelanggan sepenuhnya.

Proses instalasi Speedy meliputi tahapan-tahapan proses yang saling berhubungan, maka langkah-langkah sebelumnya harus dipastikan telah dijalankan dengan benar sebelum melangkah ke tahapan berikutnya, yaitu meliputi proses-proses sebagai berikut.

  • Penjumperan port DSLAM
  • Pemasangan splitter
  • Instalasi modem
  • Setting Network Connection PC
  • Setting modem ADSL
  • Tes koneksi internet

Penjumperan port DSLAM

  • Setting di Port In dari arah Sentral yang berupa EQN (Equipment Number) pada blok terminal horizontal dan Port Out kearah jaringan akses
  • Test telepon di Port Out DSLAM
  • Test Link ADSL di Port Out DSLAM
KONFIGURASI JARINGAN DSLAM SEDERHANA

Pemasangan Splitter

Pada umumnya pemasangan splitter dilakukan setelah roset dengan syarat kondisi line belum diparalel, namun yang paling penting harus diperhatikan pada saat pemasangan splitter adalah hal-hal sebagai berikut.

  • Pastikan line yang masuk ke splitter belum diparalel
  • Keluaran telepon ke pesawat telepon (bisa diparalel)
  • Keluaran ADSL ke Modem ADSL (tidak boleh diparalel)
PEMASANGAN SPLITTER

Instalasi modem pelanggan

  • Koneksikan Line ADSL (RJ-11) yang merupakan output dari splitter ke port ADSL Line Modem
  • Koneksikan keluaran Ethernet RJ-45 ke port Ethernet PC. Dalam pemasangannya boleh menggunakan ethernet ataupun USB. Perbedaannya adalah jika menggunakan USB, maka biasanya diharuskan untuk menginstall CD Drivernya. Karena jika menggunakan USB kadang-kadang modemnya tidak dapat membaca atau mendetect terhadap komputer atau PC yang digunakan, sedangkan jika yang digunakan adalah ethernet, maka tidak perlu menginstall CD Drivernya, karena secara otomatis modem akan membaca atau mendetect terhadap komputer atau PC yang digunakan.
  • Indicator lampu (LED Indicator) ADSL/Link harus hidup dan stabil/tidak blinking
  • Indicator lampu Ethernet/USB harus hidup (berkedip jika ada aktifitas)
PEMASANGAN MODEM

Setting Network Connection PC

Koneksi modem ADSL terbagi dalam dua segmen, yaitu Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Segmen LAN adalah link antara PC dengan Modem ADSL melalui interface Ethernet, sedangkan segmen WAN adalah link yang terbentuk antara Modem ADSL dengan Internet.

Setting Network Connection di PC ditujukan untuk konfigurasi LAN, sehingga PC dapat mengakses modem untuk melakukan konfigurasi WAN dan memfungsikan modem sebagai gateway internet, sehingga PC yang berada di segmen LAN bisa mengakses internet melalui modem tersebut.

SEGMENTASI LAN DAN WAN

Untuk melakukan konfigurasi LAN terlebih dahulu pastikan status Local Area Connection di PC dalam kondisi connected, lewat menu : Control Panel > Network Connection > Local Area Connection.


Gambar Status LAN pada Local Area Connection

Meskipun LAN dalam status connected, namun tidak serta merta komunikasi bisa berlangsung antara modem dan PC. Ada persyaratan lain yang harus dipenuhi agar setiap device yang terkoneksi bisa saling berkomunikasi, yaitu IP Address antara PC dan modem harus dalam satu network.

IP Address Modem Subnet Mask Network ID Range IP Address PC
192.168.1.1 255.255.255.0 192.168.1.0 192.168.1.2s.d.

192.168.1.254

Table pengalokasian IP address dalam satu Network ID

Karena secara default modem ADSL sudah dialokasikan IP Address secara spesifik (bisa dilihat di manual book/CD), maka IP Address PC lah yang menyesuaikan dengan IP Address modem. Pengalokasian IP Address di PC bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu secara otomatis (dynamic IP) dan secara manual (static IP).

Pengalokasian IP Secara Otomatis hanya bisa dilakukan jika PC tesebut terhubung ke device yang difungsikan sebagai DHCP server (Dynamic Host Configuration Protokol server) yang dapat membuat instalasi pelanggan menjadi lebih mudah, contoh modem ADSL tipe router bisa difungsikan juga sebagai DHCP server yang bisa mengalokasikan IP Address secara otomatis kepada setiap PC yang terhubung dengan syarat setting IP Address di PC di set otomatis.

Default IP setting windows adalah otomatis, untuk memastikannya bisa dilakukan lewat tahapan berikut :

  • Start > Control Panel
  • Network Connection > Pilih Local Area Copnnection Ethernet yang aktif > Tekan ENTER
  • Local Area Network Status > Klik tombol Properties
  • Local Area Connection Properties > Pilih Internet Protokol TCP/IP > Klik tombol Properties
  • Internet Protokol (TCP/IP)Properties > Pilih option : Obtain an IP address otomatically, dan
    Obtain DNS server address otomatically


Gambar Local Area Connection Properties


 

Gambar Internet Protokol (TCP/IP) Properties

Pada umumnya modem ADSL tipe router secara default fungsi DHCP servernya sudah enable, sehingga mempermudah dalam mengkonfigurasikan IP Address PC. Namun ada beberapa merk modem yang menyatakan fungsi tersebut disable (Trendnet, Huawei, Tecom, dan lain-lain).

Untuk mengetahui apakah fungsi DHCP server modem sudah enable atau belum bisa dilakukan dengan cara mengecek IP Address PC melalui command prompt, yaitu sebagai berikut.

  • Start > Run
  • Open > Ketik cmd untuk windows 2000 dan XP atau ketik command untuk windows 98
  • Pada command Prompt > ketik ipconfig

Gambar Form dialog RUN

Berikut adalah output dari command ipconfig jika fungsi DHCP servernya enable.

Gambar DHCP server aktif

  • IP Address adalah IP Address komputer yang dialokasikan oleh DHCP server.
  • Subnet mask adalah subnet mask dari IP Address.
  • Default gateway adalah IP Address dari DHCP server, yaitu IP Address modem.

Jika fungsi DHCP server modem sudah aktif, maka konfigurasi LAN menjadi lebih mudah karena DHCP Server menjamin pengalokasian IP Address yang valid (dalam satu network ID) ke setiap PC yang terhubung secara otomatis, sehingga antara PC dan modem bisa langsung berkomunikasi.

Berbeda tentunya jika modem tersebut fungsi DHCP servernya belum aktif, maka output dari command tersebut adalah sebagai berikut.

Gambar DHCP server tidak aktif

IP Address dari default gateway (modem) tidak terisi atau kosong. Hal itu berarti PC tidak memperoleh IP Addresss dari modem. Jika kondisinya seperti itu, maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan setting IP Address PC secara manual.

Persyaratan utama sebelum melakukan konfigurasi IP Address secara manual adalah mengetahui IP Address dari modem (lihat manual book/CD) karena IP Address modem adalah acuan utuk menentukan IP Address PC yang akan dibuat (lihat table pengalokasian IP address dalam satu nerwork ID).

Tahapan konfigurasi IP Address secara manual sama sebagaimana setting IP Address secara otomatis. Hanya perbedaannya terletak pada langkah terakhir, yaitu pemilihan option IP Setting diganti sebagai berikut.

  • Use the following IP Address
    • IP Address    : Diisi dengan IP Address PC yang dipilih
    • Subnet mask    : Diisi sesuai subnet mask IP Address modem
    • Default Gateway    : Diisi dengan IP Address modem
  • Use the following DNS server address

    – Preferred DNS server    : Diisi sama dengan Default Gateway (IP Address modem)

    Gambar setting IP secara manual

Setelah dilakukan setting IP secara manual, langkah selanjutnya adalah memastikan komunikasi antar PC dan modem dapat berlangsung, yaitu melalui command prompt : ping IP Address modem (contoh IP) Address modem adalah 10.44.11.66).

Gambar komunikasi PC dengan modem berhasil

Jika outputnya adalah reply, maka komunikasi antara PC dan modem sudah berhasil, namun jika outputnya adalah request time out, maka hal tersebut berarti komunikasi tidak berhasil.

Jika hal tersebut terjadi, maka lakukanlah pengecekan sebagai berikut.

  • Pastikan Local Area Connection enable dan dalam status connected
  • Pastikan setting IP sudah dimasukkan dengan benar
  • Pastikan kabel LAN terhubung secara benar, jenis kabel LAN yang digunakan straight atau cross. Hanya pin 1, 2, 3 dan 6 yang digunakan dalam LAN Ethernet.
PEMASANGAN PINOUT KABEL LAN STRAIGHT DAN CROSS
  • Lakukan pengetesan menggunakan modem yang lain untuk memastikan kerusakan pada modem.
  • Lakukan pengetesan menggunakan PC yang lain untuk memastikan kerusakan pada hardware ethernet card atau software. Jika di PC lain berhasil, maka berarti terdapat kerusakan pada PC tersebut. Kemungkinan kegagalan terdapat pada hardware ataupun software.

Jika permasalahan di sisi LAN sudah teratasi atau dengan kata lain PC dan modem sudah dapat berkomunikasi, maka baru kita bisa melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu setting modem ADSL Router.

Setting Internet Connection di PC

Setting Internet Connection PC adalah setting bagaimana cara komputer mengakses internet. Karena koneksi internet melalui Local Area Network, maka harus dipastikan bahwa koneksi dial-up dan VPN setting di set never dial lewat menu Control Panel > Internet Option > Connection.

Selanjutnya pastikan proxy server dikosongkan karena koneksi ke internet secara langsung lewat modem bukan melalui proxy server. Jika proxy servernya diisi, maka tidak bisa melakukan konfigurasi modem lewat web, apalagi mengakses internet.

Gambar Internet Connection Setting

Gambar setting LAN Proxy Server

Setting modem ADSL

Setting modem ADSL antara modem terutama ditujukan untuk mengkonfigurasi sisi WAN, yaitu koneksi antara modem dengan Internet Gateway. Oleh karena itu, baik Link Ethernet maupun Link ADSL harus dalam kondisi Up, kemudian dapat dilakukan langkah-langkah setting modem selanjutnya, yaitu sebagai berikut.

  • Buka program browser internet seperti Internet Explorer.
  • Ketik IP address modem pada address bar internet, lalu tekan Enter

    IP address ethernet modem dapat diketahui dari manual book atau lewat command button ipconfig dengan default gateway adalah IP ethernet modem tersebut.

  • Akan muncul dialog user dan password untuk masuk ke modem, lalu masukkan user dan password modem tersebut, dapat dilihat di manual book.

Berikut adalah contoh kombinasi default IP addrss dan user password modem.

User Name Password Merk Modem dan Default IP Address
admin (blank) Aztech IP : 10.0.0.2
admin admin Huawei dan Linksys IP : 192.168.1.1

Billion IP : 192.168.1.254

admin

password

Prolink IP : 10.0.0.2

admin

1234

Zyxel IP : 192.168.1.1

Speedstream IP : 192.168.1.1

admin

epicrouter

Atlantis IP : 192.168.1.1

admin

connexant

Netlink IP : 192.168.1.1

root

root

Tecom IP : 192.168.1.1

DSL

DSL

Trendnet IP : 192.168.1.1

Enzer IP : 192.168.7.1

Table contoh kombinasi user dan password default modem

  • Selanjutnya akan muncul halaman Web Configurator Modem. Menu dari Web Configurator Modem biasanya berbeda-beda tergantung merk modem, namun pada umumnya terdiri dari menu-menu sebagai berikut.

Status > ADSL, WAN dan LAN

  • ADSL : Status link ADSL dalam kondisi up/showtime atau down, termasuk di dalamnya terdapat hasil ukur parameter-parameter link ADSL seperti SNR (Signal to Noise Ratio) Margin dan Attenuation. Hasil ukur yang dipersyaratkan untuk layanan Speedy adalah SNR Margin > 10 dB dan Attenuation/Redaman < 48 dB, baik upstream maupun downstream.
  • LAN    : IP address LAN PC yang digunakan/dialokasikan saat ini.
    • WAN     : Status koneksi WAN atau PPP, yaitu koneksi ke internet. Jika modem telah dikonfigurasi secara benar, maka WAN dalam status Connected/Link Up dan akan diperoleh IP address WAN.

Setup/Configuration : ADSL, LAN dan WAN

  • ADSL : Pemilihan mode ADSL apakah Otomatic (auto detect), G.mdt atau G.lite (Telkom Speedy menggunakan mode ADSL G.mdt)
  • LAN : Berisi menu untuk merubah IP ethernet modem, menu untuk mengaktifkan dan menonaktifkan DHCP server, serta menu untuk mengatur range IP yang dialokasikan oleh DHCP server. Jika ingin setting IP komputer/PC secara otomatis, maka fungsi DHCP server harus enable/aktif.
  • WAN      : Berisi parameter-parameter konesi WAN ADSL sebagai berikut.
  • Protokol           : PPPoA, PPPoE, Bridge atau Routed

    Untuk Speedy Siemens dan Alcatel menggunakan PPPoA, sedangkan Huwei menggunakan PPPoE.

  • Multiplexing      : VC atau LLC

    DSLAM Siemens menggunakan Multiplexing VC, sedangkan Alcatel dan Huawei menggunakan LLC.

    • Virtual Connection : VPI (Virtual Path Identifier) dan VCI (Virtual Channel Identifier)

    Merupakan code ID untuk jenis Speedy yang digunakan.

  • Speedy Siemens menggunakan VPI=1 dan VCI=33
  • Speedy Alcatel menggunakan VPI=8 dan VCI=35
  • Speedy Huawei menggunakan VPI=0 dan VCI=35
  • User Name dan Password Speedy

    User name Speedy adalah nomor Speedy plus domain @telkom.net

    Parameter-parameter tersebut adalah parameter yang spesifik untuk Speedy yang menggunakan ATM DSLAM, selain dari itu masih ada beberapa setting yang harus dipastikan dalam kondisi disable atau enable, yaitu sebagai berikut.

    • IGMP dan Bridge <disable>
    • Default Route dan Use DNS <enable>

      Beberpa merk modem menyedikan cracepat untuk melakukan konfigrasi WAN melalui menu Quick Setup atauWizard Setup. Menu ini membantu dalam pengerjaan WAN Setup secara lebih mudah.

Untuk memastikan bahwa konfigurasi WAN modem berhasil, dapat dilihat pada status WAN. Jika statusnya connected, serta diperoleh IP WAN berarti modem sudah terkoneksi ke internet dan siap menjelajah dunia internet. Untuk lebih memastikan dapat mencoba masuk ke stus internet seperti www.google.com.

Berikut ini contoh WAN Setup.

Gambar menu WAN Setup untuk modem Aztech

Test Internet Connection

Tahapan terakhir dalam proses instalasi Speedy adalah test koneksi internet. Pengetesan koneksi internet dilakukan dengan cara browsing ke situs-situs di internet. Jika semua tahapan sebelumnya telah dilakukan dengan benar, maka browser akan menampilkan halaman website yang dituju dan sebaliknya jika tidak benar, maka akan muncul halaman yang berisi pesan the pages can’t be displayed.

Untuk mengukur kecepatan koneksi dan download di internet dapat dilakukan dengan mengunjungi situs-situs yang menyediakan bandwidth meter seperti yang terkenal bagi pengguna Speedy adalah menggunakan bandwidth meter yang disediakan oleh situs www.plasa.com.

Hasil pengukuran menggunakan bandwidth meter bersifat fluktuatif, tergantung dari trafik di internet. Karena sifat Speedy yang UBR (Unspecified Bit Rate) dan bandwidth sharing dengan pengguna lain, sehingga pada trafik yang tinggi kecepatan koneksi akan menurun dan sebaliknya pada trafik rendah akan naik.

 

3 responses to “INSTALASI JARINGAN SPEEDY

  1. afriadi

    January 17, 2014 at 9:50 PM

    speedy lama2 gak asik….. lemot sana sini… maen game error mulu

     
  2. afriadi

    January 17, 2014 at 9:51 PM

    mulai td siang gameku ancur……

     
  3. Ramalan Mimpi

    October 16, 2014 at 12:50 AM

    Makasih gan berhasil🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: