RSS

Tag Archives: Kata

Pengujian Resistansi Isolasi

*artikel ini disarikan dari IEEE Std 43 tentang “IEEE Recommended Practice for Testing Insulation Resistance of Rotating Machinery”

Teori Umum Resistansi Isolasi

Resistansi isolasi dari kumparan rotating machine adalah fungsi dari jenis dan kondisi dari bahan isolasi yang digunakan, dan juga teknik pengaplikasiannya. Secara umum, resistansi isolasi bervariasi sebanding dengan ketebalan isolasi, dan berbanding terbalik dengan luas penampang konduktor

Komponen Arus Searah yang terukur

Secara definitif, resistansi isolasi adalah hasil bagi dari tegangan searah yang diberikan melalui isolasi terhadap arus resultan total pada waktu tertentu. Arus resultan total merupakan penjumlahan dari empat arus yang berbeda, yaitu : Arus bocor permukaan, Arus kapasitans geometrik, arus konduktansi dan arus absorpsi.

Arus kapasitans geometrik merupakan arus yang mempunyai nilai yang tinggi yang berlangsung dalam waktu yang singkat, yang menurun secara eksponensial seiring dengan waktu diberikannya tegangan. Arus kapasitan geometrik ini biasanya tidak mempengaruhi pengukuran, karena arus ini hilang seiring dengan bertambahnya waktu, yaitu pada (kurang lebih) menit pertama ketika tegangan diberikan.

Arus absorpsi (polarisasi) merupakan arus yang dihasilkan dari polarisasi molekul dan electron drift yang turun seiring dengan waktu diberikannya tegangan, dengan nilai awal yang cukup tinggi dan turun hingga mendekati nilai nol, serta bergantung pada jenis dan kondisi dari bonding material yang digunakan pada sistem isolasi. Biasanya, untuk isolasi kumparan mesin yang kering dan bersih, resistansi isolasi dari detik ke-tiga puluh sampai beberapa menit lebih dipengaruhi oleh arus absorpsi ini. Read the rest of this entry »

 
Leave a comment

Posted by on December 3, 2012 in Tenaga Listrik

 

Tags: , , , , , , ,

Serunya Berbagi Robotik Dengan Anak2 SD di Kinder Uni Universitas Indonesia

Kinder Uni adalah acara yang diselenggarakan oleh Program Studi Sastra Jerman Universitas Indonesia untuk memperkenalkan dunia kampus atau perkuliahan kepada anak2 SD. Kinder Uni bekerja sama dengan Tim Robotika Universitas Indonesia selama 3 Pekan untuk memperkenalkan robot-robot yang dimiliki oleh TRUI. Robot yang dikenalkan adalah Windwire (Robot Beroda Pemadam Api), Gladiatos (Humanoid Robot Soccer), Kinnect Motion Simulation, Control Robot With Laptop, Solar Cell Lego Robot dan Robot Pengintai.

Eits , TRUI gak cuma ngenalin robotnya loh. tapi juga ngasih pembelajaran ilmu seputar robotika, mulai dari sensor, prosesor, aktuator dan sistem power dari robot. Anak2 yang ikut tampak antusias dan lucu2. Pertanyaan mereka yang lucu mengingatkan saya akan masa kecil seakan ingin kembali mencoba menjadi anak kecil dalam 1 jam saja. Hehhehee. Iyalah enak, anak2 SD kan blum mikirin skripsi kayak sekarang.

Nih beberapa foto dan video yang ada di Kinder Uni sesi 3 di TRUI.

 

Tags: , , , , , , ,

FAMODYA END (Part 16)

“Bi, gimana kabar Adya?” Tanya Tyas yang datang untuk menengok Adya bersama Bagas dan Keira.

“Non Adya?” Tanya bi Nana bingung. “Non Adya bukannya masuk sekolah Non?”

Sekolah?” Tanya serentak dari Bagas, Keira dan Tyas kaget. “Nggak.”

“Tadi jam setengah tujuh udah berangkat dari rumah Non. Pake baju seragam juga, bawa mo…” belum selesai bi Nana bicara, Adya sudah tiba didepan rumahnya. “Itu Non Adya,” sambung bi Nana.

Keira bingung kenapa jam empat sore baru pulang sedangkan Adya hari ini tidak masuk sekolah. “Adya!” Sapanya. Namun Adya hanya diam dan melengos berjalan menuju kamarnya.

Tyas langsung mengejar Adya. “Adya yang sabar ya,” tuturnya sambil memelukknya dari belakang. “Lo nggak boleh kayak dulu lagi Ad. Gue nggak mau lagi liat lo begini.”

Adya tidak menjawab, dirinya hanya mencoba untuk melepaskan pelukannya Tyas.

“Adya. Bukan lo aja yang sedih, kita juga sedih Ad. Jadi gue mohon lo jangan kayak gini lagi.”

Adya pun tidak kuasa menahan airmatanya. “Biarin gue sendiri Yas!” Seru Adya dengan suara bergetar.

“Nggak mau.”

“Yas!”

“Nggak.” Tyas makin kencang memeluk Adya.

“Buat apa lo disini. Toh lo disini cuma gue omelin doang kan? Mending sekarang kalian semua pergi!” Adya melepaskan pelukan Tyas dan berlari cepat menuju kamarnya meninggalkan Tyas yang masih menangis tersedu-sedu.

“Gue nggak mau ngeliad Adya terus-terusan begini Ke. Minggu depan udah UAN,” tutur Tyas yang iba dengan keadaan Adya.

“Gue yakin Adya bisa kok ngadepin UAN.” Read the rest of this entry »

 
Leave a comment

Posted by on September 17, 2011 in Cerita, Famodya

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,

FAMODYA (Part 6)

“Kenapa sih beibh?” Edhu bertanya halus untuk mengambil hati Adya.

Adya langsung bercerita tentang apa yang dia rasakan saat ini. Ia menceritakan dari awal sampai akhir dari masalah yang sedang dihadapinya.

“Kamu kok?” Edhu kaget mendengar cerita terakhir Adya yang menyebutkan kalo pokok permasalahannya adalah karena Adya dan Lefard ciuman.

“Lo dengerin gue dulu! Gue sama si leher kuya itu nggak sengaja. Gue nyerang dia sampe dia jatuh tapi pas dia jatuh gue juga kehilangan keseimbangan jadi gue ikut jatoh.” Adya mencoba membela diri.

Edhu menarik tangan Adya kasar dan membawanya keluar kelas. “Tapi kenapa bisa tepat kamu sama dia ciuman?” Tutur Edhu geram.

“Gue nggak ciuman Dhu, kita cuma tabrakan.”

“Biarpun kamu nggak sengaja tapi kamu juga ikut ngerasain kan? Kamu munafik deh, kamu nggak pernah mau kalo aku minta tapi sama orang lain yang jelas-jelas cowoknya temen kamu sendiri kamu mau.”

“Kok lo juga ikut nyalahin gue sih? Katanya lo mau bantu gue!” Read the rest of this entry »

 
Leave a comment

Posted by on August 21, 2011 in Cerita, Famodya

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,

FAMODYA (Part 2)

“Adya!” suaranya sudah tidak asing untuk didengar. Pak Yudhis telah lebih dahulu tahu gerak gerik Adya untuk menyelinap masuk kekelas. “Apa-apaan kamu jam segini baru datang?” dengan mata melotot Guru itu menatap Adya.

  “Nggak kok Pak saya udah dateng dari tadi. Tapi tasnya belum saya taruh dikelas. Tadi saya sakit perut Pak, saat upacara saya nggak ikut dan tas saya masih dipanggul. Ini saja saya baru keluar dari kamar mandi Pak.” Dengan jawaban datar Adya mencoba bela diri.

  “Alasan kamu. Kamu kira saya bodoh bisa percaya begitu saja sama kata-kata kamu? Saya sudah dapat informasi dari Satrio kalau kamu datang hampir jam setengah delapan.”

  “Eng…nggak Pak. Pak Satrio bohong kali sama Bapak?”

  “Sudah jangan banyak alasan. Saya lebih percaya Satrio daripada kamu, Adya!”

  “Maaf Pak saya masuk dulu mau taruh tas.”

  “Apa? Enak saja kamu langsung masuk tanpa konsekwensi. Taruh tas kamu di meja  piket guru, setelah itu kamu minta kain lap sam Pak Hendra!”

  “Kok nyambungnya minta lap sama Pak Hendra Pak?”

  “Kamu dapat hukuman.”

  “Hukuman?” Read the rest of this entry »

 
Leave a comment

Posted by on August 19, 2011 in Cerita, Famodya

 

Tags: , , , , , , ,

Asus Rilis Notebook Bagi Pecinta Musik

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen notebook, Asus, kembali meluncurkan produk terbaru mereka yakni seri N yang digadang-gadang khusus ditujukan kepada pecinta musik yang telinganya haus akan bunyi yang berkualitas. Datang dengan tiga varian seri N yakni N45SF, N55SF, dan N75SF, Asus ingin memanjakan segmen yang khusus mereka pilih ini. Read the rest of this entry »

 
Leave a comment

Posted by on August 17, 2011 in Laptop, Technology

 

Tags: , , , , , , ,

 
%d bloggers like this: